Sambut Tahun Baru, PKL dan Aktivis Berikrar Menolak Penggusuran

Ada berbagai macam cara rakyat mengekspresikan harapannya menyambut pergantian tahun. Tidak terkecuali para pedagang kaki lima (PKL) di Pekanbaru, Riau.

Tadi malam (31/12), menjelang detik-detik pergantian tahun, pedagang membacakan ikrar menolak segala bentuk penggusuran. Tak hanya itu, mereka juga berikrar untuk tidak memberi tempat terhadap berbagai kebijakan anti-rakyat pada tahun 2013 mendatang. Acara bertajuk “Panggung Rakyat” ini digelar di Taman Kota Pekanbaru.

Acara ini dihadiri oleh 300-an pedagang dan aktivis pergerakan se Pekanbaru. Puluhan organisasi juga turut hadir dan membacakan ikrar perlawanan di acara ini, seperti Partai Rakyat Demokratik (PRD), SRMI (Serikat Rakyat Miskin Indonesia), Lembaga Advokasi Bantuan Hukum Riau (LABHR), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Riau Corruption Watch (RCW), Aliansi Pedagang Kaki Lima  Indonesia, dan Forum Pers Mahasiswa (Forpersma) Riau.

Para pedagang dan aktivis pergerakan ini bernaung di bawah payung aliansi bernama Gerakan Rakyat untuk Keadilan (Gerak). “Ini adalah bentuk penyatuan komitmen dari kita, organisasi rakyat dan PKL, bahwa di tahun mendatang tak ada lagi penggusuran dan perampasan hak-hak rakyat. Kami akan melawan sehebat-hebatnya,” kata Koordinator Gerak, Antoni Fitra.

Selain membacakan ikrar perlawanan, para pedagang dan aktivis juga menyampaikan testimoni. Doni, seorang pedagang, berharap Pemkot Pekanbaru menghentikan kebijakannya menggusur PKL.

“Saya berdagang di sini (Taman Kota) sudah cukup lama. Ya, di sinilah jantung ekonomi keluarga saya. Makanya, kalau Pemkot menggusur kami dari tempat ini, itu sama saja merampas ekonomi kami,” katanya.

Selain pedagang dan aktivis, puluhan ribu rakyat Pekanbaru juga tumpah ruah di tempat ini untuk menyambut pergantian tahun. Pesta kembang api membuat suasana di Taman Kota cukup semarak.

Andi Nursal 

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut