Rizal Ramli: Agama Punya Peranan Penting Dalam Perjuangan Bangsa Indonesia

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli mengingatkan kaum agamawan bahwa agama pernah punya peranan penting dalam mempersatukan rakyat Indonesia, memperjuangkan kemerdekaan, dan memberi makna kepada Indonesia yang baru merdeka.

Hal ini disampaikan Rizal Ramli saat diskusi bertajuk “Negara, Agama, Korupsi dan HAM” yang bertempat di Gedung Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI). Hadir dalam diskusi ini sejumlah tokoh lintas agama, seperti Ahmad Syafii Maarif, Din Syamsudin, Solehudin Wahid, Pdt. Andreas Yewangu (PGI), Mgr M Situmorang (KWI), Romo Benny Susetyo, dan lain-lain.

Lebih jauh, Rizal Ramli menegaskan bahwa bangsa dan negara Indonesia sekarang ini sedang dicengkeram oleh kekuatan pragmatisme, oligarkhi, dan superioritas uang dalam segala aspek kehidupan.

“Pisau hukum sangat tajam untuk rakyat biasa, tetapi sangat tumpul dan penuh rekayasa terhadap kelompok elit yang berkuasa,” kata Rizal Ramli memaknai hukum di Indonesia saat ini.

Cengkeraman itulah, yang menurut Rizal Ramli, telah menjerumuskan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang selalu kalah, mudah menyerah dan gampang dimanfaatkan oleh kekuatan-kekuatan luar.

Dalam konteks itulah, maka Rizal Ramli mengajak organisasi-organisasi keagamaan untuk mulai memainkan kembali peran seperti saat perjuangan kemerdekaan.

“Agama harus terlibat dalam menyatukan Indonesia yang saat ini mulai retak, mengembalikan kekuatan idealisme dan nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Rizal juga mengajak kaum agamawan untuk Berani menyatakan kebenaran melawan ketidakadilan, korupsi dan pelanggaran HAM berat.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut