Ribuan Petani Jambi Bersiap Peringati Hari Tani Nasional

Prd Jambi

Ribuan petani dari berbagai desa di Jambi mulai memasuki ke kota Jambi sejak sore (23/9/2012) hingga malam ini. Sebagian besar petani ini berasal dari Suku Anak Dalam (SAD) 113, petani dusun Kunangan Jaya II (Batanghari), dan petani dusun Mekar Jaya (Sarolangun).

Menurut rencana, para petani ini akan menggelar aksi massa untuk memperingati Hari Tani Nasional (HTN) yang diperingati besok (24/9). “Yah, besok peringatan Hari Tani Nasional ke-52, dan kami akan memperingatinya dengan aksi massa,” kata Sekretaris Komite Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Demokratik (PRD) Jambi, Julham Adami.

Julham menambahkan, aksi massa besok akan mengusung isu pokok “tidak ada kedaulatan pangan tanpa penegakan pasal 33 UUD 1945”. Bagi PRD, kata Julham, salah satu persoalan pokok kaum tani saat ini adalah tidak adanya kedaulatan kaum tani terhadap bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Disamping isu pokok itu, Julham juga mengatakan, ribuan petani juga akan menuntut isu-isu kasuistik, seperti tuntutan realisasi enclave lahan seluas 8000 ha milik petani desa Kunangan Jaya dan enclave 3550 ha tanah milik petani Suku Anak Dalam 113.

Katanya, aksi massa petani yang berbaris dibawah panji PRD ini akan dipusatkan di kantor Gubernur Jambi. Malam ini, kata Julham, petani akan menginap di halaman kantor Gubernur Jambi.

Edi Susilo

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut