Ribuan Orang Menentang TPP Di Selandia Baru

Ribuan rakyat Selandia baru turun ke jalan, Kamis (4/2/2016), untuk menentang perjanjian perdagangan bebas Trans Pacific Partnership (TPP).

Massa mengepung SkyCity Convention Centre, di kota Auckland, tempat berlangsungnya penandatanganan kesepakatan TPP oleh perwakilan 12 negara.

Kelompok Real Choice, yang mengorganisir aksi protes ini, berusaha memblokade pintu masuk tempat pertemuan untuk mencegah perwakilan 12 negara menandatangani kesepakatan perdagangan bebas yang kontroversial itu.

“Kami mengundang para kiwi (sebutan bagi orang Selandia Baru, red) untuk bergabung dalam aksi yang bersuara keras, anti-kekerasan, dan bersahabat untuk menunjukkan bahwa pemerintah tidak punya mandat untuk menandatangani TPP ini atas nama kami,” ujar Barry Coate, seorang organiser aksi ini, seperti dikutip The Australian, Kamis (4/2/2016).

Namun, upaya demonstran memblokade lokasi pertemuan dihadang oleh polisi. Akhirnya, demonstran membentuk rantai manusia dan memblokade jalan kota Auckland.

Demonstran membawa poster bertuliskan “No TPPA”, “People Before Profit”, “TPP: No Way”, “No toxic TPP, Planet First,” dan lain-lain. Mereka juga menggelar mimbar bebas untuk membacakan pernyataan sikap mereka.

Demonstran menilai, TPP akan membuat kedaulatan selandia baru akan tergadai. Selain itu, TPP akan membuat harga obat-obat sangat tinggi. Mereka juga menganggap TPP bertentangan dengan upaya dunia melawan perubahan iklim.

“Ini bukan tentang kehidupan yang lebih baik bagi setiap orang. Ini tentang kehidupan yang lebih baik bagi korporasi yang mengambilalih kehidupan kita,” kata Maraea Clark, seorang demonstran, kepada New Zealand Herald.

Namun, meski mendapat protes, seremoni penandatanganan kesepakatan TPP tetap berlangsung. Perwakilan 12 negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Kanada, Brunei, Chili,a Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, dan Vietnam.

Raymond Samuel

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid