Relawan Jokowi Protes Komite Konvensi Demokrat Masukkan Jokowi

Jokowi-mega.jpg

Keinginan Komite Konvensi Partai Demokrat mengundang Joko Widodo untuk mengikuti Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat menuai kecaman dari relawan pendukung Jokowi.

Bagi relawan Jokowi, undangan panitia konvensi Demokrat tersebut hanyalah ajang pelaksanaan ‘muslihat’. “Kalau, misalnya, nanti Jokowi ikut konvensi, terus yang dipilih figur selain Jokowi, itu akan mendegradasi elektabilitas Jokowi,” kata Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (Bara JP atau Relawan Jokowi), Sabar Mangadu, di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Namun, Sabar sangat yakin, sebagai kader partai yang ideologis, Jokowi tidak akan gampang terperangkap dalam muslihat tersebut. “Sejak awal Jokowi sudah menyatakan tidak mungkin mengikuti Konvensi PD, namun mereka masih juga mengundang, tentu ada agenda tersembunyi. Kami menyatakan protes atas undangan panitia konvensi,” ujar Sabar.

Menurutnya, bila Komite konvensi Demokrat tetap ngotot mengundang Jokowi, rakyat justru akan bertanya-tanya. Relawan Jokowi dan masyarakat luas juga bisa sinyalamen tipu-muslihat dibalik undangan tersebut.

Bagi Sabar, sikap ngotot panitia Konvensi Demokrat menghadirkan menandakan partai tersebut tidak punya ideologi dan gagal menilai sikap politik Jokowi. “Kebiasaan seruduk sana-sini agar partainya dibicarakan, adalah ciri partai yang tidak punya ideologi. Sayangnya, bukannya mengundang simpati,” tandasnya.

Sabar juga menyayangkan kehadiran sejumlah intelektual di Komite Konvensi Demokrat yang ngotot mengundang Jokowi. Baginya, kehadiran intelektual itu tak ubahnya orang gajian yang diperintah pemilik proyek untuk membuat desain tertentu.

Selain itu, Sabar juga menyampaikan aspirasi ribuan TKI yang menjadi relawan Jokowi (Kliki Grup Facebooknya Di Sini) terkait keikusertakan Djumhur Hidayat dalam Konvensi Demokrat dengan membawa-bawa nama TKI.

“Diantara mereka ada yang bilang, kami Relawan Jokowi, jangan dibawa-bawa ke kelompok di luar Jokowi,” ungkap Sabar.

Relawan Jokowi sendiri menyatakan siap mendukung PDI Perjuangan asalkan partai berlambang banteng itu mau memutuskan pencalonan Jokowi sebagai Capres sebelum Pemilu Legislatif 2014.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut