Ratusan Petani Tembakau Datangi Kantor Gubernur NTB

MATARAM: Lebih dari 250 petani tembakau di Lombok mendatangi kantor Gubernur NTB, Senin (28/6). Mereka mendesak gubernur NTB segera menetapkan harga dasar terendah untuk pembelian tembakau Virginia oleh perusahaan.

Massa menamai diri Solidaritas untuk Petani Tembakau Lombok (SPTL), yakni gabungan dari organisasi perjuangan seperti Serikat Tani Nasional (STN), Konsorsium LSM Loteng, Lesa Demarkasi, FS NTB Indonesia, dan Solidaritas Masyarakat Selatan(SMS).

Menurut Ahmad Rivai, selaku koordinator aksi ini, pemerintah seharusnya bertindak sebagai penengah antara petani selaku penjual dan perusahaan sebagai pembeli. “Penentuan harga dasar akan sedikit melindungi petani tembakau dari kerugian,” ujarnya.

Ahmad Rivai menyesalkan sikap Pemda NTB yang seolah-olah lepas tangan dari persoalan ini, padahal tembakau Virginia merupakan komoditas andalan di daerah ini dan menghidupi 40% tenaga kerja di NTB.

“Produk tembakau Virginia sanggup memasok 80% kebutuhan tembakau nasional. Di tingkat dunia, tembakau Virginia termasuk yang terbesar ketiga,” ungkapnya.

Jika ada perusahaan nakal yang membeli tembakau petani di bawah harga dasar, maka Pemda seharusnya bertindak dan mengambil-alih perusahaan tersebut, katanya.

Dia mencontohkan, perusahaan PT. Gerbang NTB Emas (GNE) yang bekerjasama dengan sejumlah perusahaan daerah, ditengarai melalukan pembelian sangat rendah terhadap tembakau petani dengan alasan tidak mempunyai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Padahal, menurut Ahmad Rivai, tembakau Virginia memiliki standar SNI, yaitu Nomor SNI :01.4401-2006. Dengan begitu, PT. GNE tidak punya alasan untuk mengeruk keuntungan besar tanpa memperhatikan kesejahteraan petani tembakau.

Selanjutnya, SPTL juga mendesak gubernur agar Dana Bagi Hasil (DBH) cukai tembakau disalurkan dalam bentuk uang tunai kepada petani. Dengan begitu, petani bisa menggunakan uang tersebut untuk mengembangkan produksi tembakau.

Selain berorasi secara bergantian, sejumlah orator juga menyanyikan sejumlah lagu-lagu perjuangan untuk menyemangati massa aksi. (Ulf)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut