Rakyat Spanyol Kembali Turun Ke Jalan

Kebijakan penghematan terus menuai badai perlawanan. Pekan lalu, kebijakan penghematan dipukul telak melalui kotak suara di Perancis dan Yunani.

Di Spanyol, gerakan rakyat yang mengambil bentuk “parlemen jalanan” tak henti-hentinya menyuarakan perlawanan. Mereka menamai gerakannya sebagai “Los Indignados”—‘kaum yang amarah’.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol memperkirakan 72 ribu orang bergabung dalam aksi massa kemarin (13/5/2012). Akan tetapi, pihak organiser aksi massa menuding estimasi pemerintah itu terlalu rendah.

Aksi berlangsung di Madrid, Barcelona, dan enam kota besar lainnya. Aksi ini sendiri merupakan bagian dari “Hari Aksi Global” (Global Day of Action), yang juga berlangsung di Moskow, New York, dan Athena.

Madrid, tepatnya di Puerta del Sol plazai, telah menjadi episentrum dari gerakan menentang penghematan. Sedikitnya 100 ribu orang akan berkumpul di sana dan meneriakkan “Mereka Tidak Mewakili Kita”—merujuk kepada politisi sayap kanan yang memaksakan kebijakan penghematan.

Rencananya, massa demonstran akan bertahan di tempat itu. Akan tetapi, pihak keamanan berjanji tidak akan membiarkan siapapun berkemah di tempat itu seperti kejadian pada tahun 2011.

Demonstran bertahan hingga batas waktu pengusiran. Akhirnya, 2000-an polisi dikerahkan untuk membersihkan alun-alun ini menjelang dini hari. Sedikitnya 18 orang ditangkap karena melakukan perlawanan.

Sementara itu, 30 ribu orang demonstran juga turun ke jalan di Barcelona. Aksi serupa juga berlangsung di Bilbao, Malaga, Sevilla dan sejumlah kota lainnya.

Spanyol tersungkur akibat krisis ekonomi. Di sana pengangguran sudah mencapai 25%–tertinggi di 17 negara pengguna euro. Satu dari dua orang Spanyol berusia di bawah 25 tahun kehilangan pekerjaan.

Perdana menteri yang berlatar-belakang kanan, Mariano Rajoy, dianggap paling bertanggung-jawab atas krisis ini. Rajoy telah memaksakan kebijakan penghematan dan pemangkasan anggaran sosial sebagai obat krisis.

Yang terjadi, upah pekerja merosot, pengangguran meluas, biaya pendidikan dan kesehatan melonjak drastis, dan lain-lain.

RAYMOND SAMUEL

[youtube]http://youtu.be/iAKR3AIaYU8[/youtube]

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut