Puluhan Ribu Pemuda Berbaris Mendukung Hugo Chavez

Puluhan ribu pemuda, umumnya berkaos merah, berbaris di jalan-jalan Caracas, Ibukota Venezuela, Sabtu (10/3/2012). Mereka memberikan dukungan penuh terhadap Presiden Hugo Chavez.

Para pemuda itu merupakan gabungan dari gerakan sosial, pelajar sekolah menengah, sekolah atas, Universitas, sayap pemuda Partai Persatuan Sosialis Venezuela (PSUV), dan komunitas advokasi gender.

Dengan bersuka-cita, sambil menyanyikan lagu-lagu revolusioner, para pemuda itu mengungkapkan dukungan terhadap Presiden Chavez. Mereka berbaris di bawah motto “Counting in with Chavez”.

“Kau adalah masa depan kami dan segalanya bagi kami. Kami dengan anda, Presiden, revolusi ini melangkah dengan anda. Harapan kami adalah kemenangan Komandante Chavez pada pemilu 7 Oktober mendatang,” demikian ungkapan para pemuda-pemudi ini.

Andreina Tarazon, seorang anggota sayap pemuda PSUV, menandai dukungan tak terbatas pada pemuda kepada Chavez. Setidaknya sejak Chavez pertama kali menjalankan pemerintahan 12 tahun lalu.

“Hari ini, kita memperbarui nilai politik, demokrasi, dan kebebasan pers kita. Lebih dari 2 juta pemuda mengakses pendidikan gratis dan juga menjadi bagian dari sistem kredit perumahan,” katanya.

Menurut survei terbaru GISXXI, 66,5% pemuda (umumnya berusia 18-29 tahun) merasa sangat baik dengan kinerja pemerintahan Chavez.

Sementara itu, Presiden Chavez, yang masih menjalani perawatan di Havana, Kuba, mengirimkan pesan solidaritas kepada pemuda Venezuela via Twitter.

“Saya merasa berada di jantung pemuda heroik patriotik. Ayo pemuda dan pemuda, bangun sosialisme di negeri kita,” tulis Chavez melalui Twitternya, @chavezcandanga.

Sejumlah kegiatan, sepertipertunjukan musik dan orasi-orasi politik, mewarnai pawai pemuda kemarin itu.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut