Puluhan Aktivis Pergerakan Bersolidaritas Untuk Pedagang Pasar Wage

Puluhan aktivis pergerakan di Purwekerto, Jawa Tengah, menggelar aksi sebagai bentuk solidaritas atas penggusuran paksa pedagang pasar Wage pada minggu dini hari lalu (10/7). Para aktivis mendatangi kantor Satpol PP Kabupaten Banyumas.

Dalam aksi itu, aktivis yang tergabung dalam Solidaritas untuk Pedagang Pasar Wage mengecam tindakan represif apparatus Satpol PP saat menertibkan pedagang. Bukan hanya itu, ketika penggusuran berlangsung, Satpol PP juga memukuli dan menangkap sejumlah aktivis pergerakan saat berusaha bernegosiasi.

“Tindakan Satpol PP yang menyebabkan luka pada orang lain adalah sebuah tindakan kriminal. Kami mengutuk tindakan kriminal tersebut,” ujar seorang aktivis saat menyampaikan orasi di depan kantor Satpol PP.

Ketika massa tiba di depan kantor Satpol PP, sejumlah petugas pamong praja langsung menutup pintu. Pihak aktivis pun mengutus beberapa negosiator untuk diberikan kesempatan masuk ke dalam kantor.

Akan tetapi, bukannya memberikan kesempatan, para negosiator ini mendapat intimidasi dari anggota Satpol PP dan kepolisian. Akhirnya, setelah melalui negosiasi yang alot, perwakilan massa aksi pun dibiarkan masuk.

Tetapi pimpinan satpol PP Kabupaten Banyumas, M Najib, tidak berada di tempat. Meski begitu, pertemuan antara perwakilan massa dan Satpol PP tetap berlangsung. Pihak perwakilan massa aksi meminta protap penanganan penggusuran pedagang pasar wage. Tetapi perintaan itu ditolak oleh pihak Satpol PP.

Usai berdialog, massa pun melanjutkan aksinya ke beberapa titik aksi: Bakesbang Polinmas, Disperindagkop, dan kantor DPRD.

Di kantor DPRD, aktivis solidaritas untuk pedagang pasar wage menyampaikan kecaman terkait penggusuran pedagang.

Solidaritas untuk pedagang pasar wage merupakan gabungan dari berbagai organisasi, diantaranya: Serikat Rakyat Miksin Indonesia, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi, Front Mahasiswa Nasional, HMI-MPO dan Kidal collective.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut