Presiden Venezuela: Gerakan Non-Blok Harus Melawan Neo-kolonialisme

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengusulkan agar Gerakan Non-Blok (GNB) bisa menjadi organisasi internasional yang terang-terangan menentang kolonialisme baru atau neo-kolonialisme.

Pernyataan itu dilontarkan Maduro dalam sebuah program televisi mingguan Contacto con Maduro número 66 di Teater Bolívar di Caracas, Selasa (13/9/2016).

Menurut Maduro, di abad 21 ini negara-negara utara masih mengidap penyakit superiority complex, yang berhak mengatur seluruh dunia dan memastikan sumber daya negara-negara selatan dimiliki oleh perusahaan multi-nasional.

“Mereka melihat kami (negara dunia ketiga) sebagai budaknya dan sumber daya alam kami, emas kami, minyak kami, berlian kami, tembaga kami harus dimiliki oleh perusahaan multinasional untuk memperkaya dirinya,” kata Maduro.

Menurut Maduro, kolonialisme identik dengan perbudakan dan penjarahan. Negara-negara dunia ketiga di Asia, Afrika dan Amerika Latin menjadi korban penjarahan dan penduduknya dijadikan budak.

“Penjarahan, perbudakan, berlutut kepada imperialis sudah waktunya berakhir dan jangan pernah datang lagi ke tanah air kami,” ujarnya.

Dalam kaitan itu, Maduro bicara tentang perlunya GNB membangun tata ekonomi baru yang bekerjasama dengan blok besar dunia, seperti BRICS (Brazil, Rusia, India, Tiongkok dan Afrika Selatan).

“Kami punya proposal sebagai Ketua Gerakan Non-Blok untuk membuat tata ekonomi baru, untuk bermitra dengan BRICS dalam membangun sistim keuangan dan moneter baru di dunia, yang menghargai peran ekonomi dan mata uang bangsa-bangsa di dunia,” paparnya.

Dia juga bicara perlunya memperkuat kerjasama antara negara-negara Asia, Afrika dan Amerika latin-Karibia dalam semangat kerjasama selatan-selatan.

Venezuela menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota Gerakan Non-Blok (GNB) ke-17. Pertemuan yang melibatkan 120 negara itu akan berlangsung di kepulauan Margarita pada tanggal 13-19 September 2016.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut