Presiden Hugo Chavez Meninggal Dunia

Presiden Venezuela, Hugo Chavez, ketika berpidato di hadapan rakyatnya.

Setelah dua tahun berjuang melawan penyakit kankernya, Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal dunia Selasa (5/3/2013), sekitar pukul 16.25 waktu setempat.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, melalui siaran Televisi dari Rumah Sakit Militer di Caracas, tempat Presiden Hugo Chavez di rawat.

Tentara dan polisi Bolivarian telah dikirim ke jalan-jalan untuk melindungi rakyat dan menjaga keamanan. Pihak oposisi keluar jalan-jalan merayakan kematian ini dengan membunyikan klakson keras-keras.

Nicholas Maduro menuduh pihak oposisi berusaha memanfaatkan keadaan untuk mengacaukan Venezuela dan menghentikan Revolusi Bolivarian. “Semua yang berjuang untuk hidup, tidak dapat dikatakan mati,” kata Nicolas Maduro menyindir oposisi.

Setelah kabar meninggalnya Chavez tersebar, rakyat Venezuela menyemut di Plaza Bolivar dan akan bergerak menuju Istana Kepresidenan Miraflores. Mereka yang berkumpul itu meneriakkan “Chavez masih hidup, perjuangan akan berlanjut”.  Mereka juga tak henti-hentinya meneriakkan “Rakyat Bersatu Tak Bisa Dikalahkan”.

Rakyat Venezuela sudah berjanji bahwa “Kaum Borjuis Venezuela “Tidak Akan Pernah Kembali” ke Istana Miraflores.

Chavez pertama-kali terpilih sebagai Presiden pada tahun 1998 melalui kendaraan politik Pergerakan untuk Republik Kelima (MVR). Saat itu ia meraih suara 56,02 persen. Sejak berkuasa, Presiden Chavez berhasil membawa Venezuela dalam kemajuan di berbagai aspek.

Chavez menamai proses perubahannya itu sebagai Revolusi Bolivarian. Ia menegaskan, bahwa revolusi Bolivarian bercita-cita untuk mewujudkan “Sosialisme Abad 21”.

Baru-baru ini, 7 Oktober 2012, Chavez kembali terpilih sebagai Presiden Venezuela untuk keempat kalinya. Ia meraih suara sebesar 54.44%. Namun, sejak awal Desember lalu, Presiden Chavez harus menjalani perawatan sehubungan dengan penyakit kankernya di Havana, Kuba.

Pada tanggal 18 Februari lalu, Chavez kembali ke negerinya dan disambut dengan suka cita oleh rakyatnya. Namun, meski begitu, Ia belum bisa tampil di depan publik karena infeksi di bagian pernapasannya. Kemarin, Menteri komunikasi Venezuela, Ernesto Villegas, mengumumkan bahwa Chavez menderita infeksi pernapasan baru.

Untuk mengenal lebih jauh Presiden Hugo Chavez dan apa saja sumbangsihnya bagi rakyat Venezuela dan dunia, silahkan baca di: http://www.berdikarionline.com/tag/venezuela

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut