PRD Sumsel Serukan Persatuan Anti-Imperialisme

Seratusan anggota dan simpatisan Partai Rakyat Demokratik (PRD) mendatangi Kantor Pemprov Sumatera Selatan, siang tadi (2/5). Sebagian besar massa PRD ini mengenakan kaos merah dan memegang bendera partai.

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Ketua PRD Sumsel Eka Subakti menjelaskan bahwa maksud aksi mereka adalah untuk memberitahukan kepada masyarakat luas mengenai bahaya imperialisme dan bagaimana melawannya.

“Sekarang ini bangsa kita sedang ditindas oleh penjajahan baru. Itu sangat nampak di lapangan ekonomi, politik, dan sosial-budaya. Kita harus bersatu untuk bisa mengenyahkan penjajahan baru tersebut,” kata Eka Subakti.

Selain itu, Eka Subakti juga mengingatkan gagasan-gagasan Bung Karno mengenai Trisakti, yaitu berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya. “Sekarang semangat Trisakti Bung Karno sudah ditinggalkan oleh pemimpin bangsa ini,” katanya.

Wajah nyata imperialisme di Indonesia, menurut Eka Subakti, dapat disaksikan melalui perampokan sumber daya alam, politik upah murah, impor berbagai kebutuhan hidup dari negeri-negeri imperialis, hingga kebijakan investasi modal yang tanpa kontrol.

Untuk melawan Imperialisme ini, Sarjana ekonomi ini menyatakan bahwa jalannya hanyalah melalui persatuan nasional. “Tanpa mempersatukan seluruh kekuatan-kekuatan nasional, niscaya kita bisa mengalahkan imperialisme,” tegasnya.

Selain mengangkat persoalan-persoalan di atas, massa PRD Sumsel ini juga menuntut penyelesaian sejumlah persoalan lokal, diantaranya: pengembalian tanah ulayat masyarakat Tanjung Medang, pengadilan terhadap Kades yang terlibat korupsi, penghentian pemadaman listrik di zona 5 Muara Enim, lapangan kerja untuk rakyat, dan upah layak untuk kaum buruh.

Berterima kasih atas program sosial Gubernur

Selain itu, dalam aksi itu pihak PRD Sumsel berterima kasih atas bantuan hukum gratis dari Gubernus Sumsel, Alex Nurdin, kepada dua orang pejuang petani dari Tanjung Medang.

PRD juga memberikan apreasiasi terhadap sejumlah program progressif gubernur lainnya, seperti program Jamsoskes Sumsel Semesta, sekolah gratis, dan pembangunan rumah sakit tanpa klas.

PRD juga berharap agar penyelenggaran event olahraga terbesar di Asia Tenggara, Sea-Games ke-26, yang sedianya akan diselenggarakan di Sumatera Selatan, bisa berhasil dengan sukses.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut