PRD Kendari Tuntut Kesehatan Gratis Untuk Rakyat

PRDPalembang

Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik (KPK-PRD) Kendari mendesak pemerintah setempat segera mewujudkan pendidikan gratis. Desakan itu disampaikan melalui aksi massa di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Rabu (24/10/2012).

“Kesehatan merupakan hak dasar rakyat sebagaimana diamanatkan konstitusi. Dengan demikian, pemerintah berkewajiban memastikan layanan kesehatan bisa diakses oleh seluruh rakyat,” kata Ketua KPK PRD Kendari, Usman.

Usman menjelaskan, sekalipun pemerintah sekarang punya sejumlah program kesehatan, seperti Jamkesmas, Jamkesda, dan Jampersal, namun masih banyak rakyat yang kesulitan mengakses layanan kesehatan.

Yang terjadi di lapangan, kata Usman, pasien miskin terkadang masih dibebani beban biaya. Akibatnya, mereka pun harus merogoh kocek di kantongnya. Padahal, sudah ada anggaran untuk layanan kesehatan tersebut.

Dalam aksi massa ini, PRD Kendari juga menolak segala upaya untuk mengkomersilkan layanan kesehatan. Bagi PRD, komersialisasi layanan kesehatan sangat bertentangan dengan semangat konstitusi UUD 1945.

“Kesehatan itu tidak bisa diperlakukan sebagai barang-dagangan. Kalau itu terjadi, mayoritas rakyat akan sulit mengakses layanan. Sebaliknya, kesehatan itu mestinya digratiskan, agar rakyat keseluruhan bisa mengaksesnya,” tegas Usman.

Menanggapi tuntutan PRD, pihak Dinkes Sultra menegaskan, kalaupun ada warga yang belum tercakup dalam program Jamkesmas, pemerintah provinsi punya program yang disebut “Bahtera Emas”.

“Kalau soal layanan, kami mengutamakan perawatan alias pelayanan lebih dahulu baru kemudian administrasi,” kata pihak yang mewakili Dinkes Pemprov Sultra.

Selain menggelar aksi massa di kantor Dinkes Sultra, massa aksi PRD Kendari ini juga menggelar aksi massa di kantor DPRD. Mereka bertemu Komisi IV DPRD untuk membicarakan perihal kebijakan pelayanan kesehatan di sultra.

Dalam aksinya, PRD Kendari juga menyerukan penegakan pasal 33 UUD 1945.

Ld Sairuddin

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut