PRD Gelar Pendidikan Politik Untuk Petani Rawas Ilir

Komite Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Demokratik (KPW-PRD) Sumatera Selatan menggelar pendidikan politik untuk para petani di Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Pendidikan itu dirancang untuk diselenggarakan selama tujuh hari. Para peserta umumnya adalah para petani dari desa Beringin Makmur I, desa Beringin Makmur II, dan desa Bingin Teluk.

Ketua PRD Sumsel Eka Subakti menjelaskan, pendidikan politik ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para petani mengenai saling keterkaitan antara berbagai bentuk kebijakan politik dengan persoalan yang dihadapi petani.

“PRD menginginkan agar rakyat tahu apa itu Politik. Apa hubungannya politik dengan persoalan-persoalan mereka. Jadinya, rakyat bisa memahami apa yang mesti dilakukan untuk keluar dari persoalannya,” katanya.

Sejumlah materi pendidikan politik diturunkan, khususnya yang berkaitan dengan pemikiran politik Bung Karno, seperti Pidato Hari Lahirnya Pancasila, Soekarno dan Marhaenisme, Pemahaman Mengenai Imperialisme, dan lain-lain.

KPP PRD sendiri mengirimkan seorang pemateri nasional, yaitu Agus Pranata. Selain Agus, beberapa kader PRD setempat seperti Andri Novanto dan Eka Subakti juga menjadi pembawa materi.

Untuk memudahkan para petani menyerap materi yang dibawakan, para pemateri pun lebih banyak menghubungkan antara isian materi dengan problem real yang dihadapi oleh kaum tani.

Pendidikan juga lebih banyak melakukan diskusi dan testimoni. Setiap petani diharapkan menyampaikan persoalan yang dihadapi dan pengalaman dalam perjuangan. Dengan lebih banyak memberikan kesempatan kepada petani untuk berbicara, PRD berharap bahwa pendidikan politik bisa memberi manfaat kepada petani dan PRD sendiri mendapat pengetahuan tambahan mengenai situasi kaum tani.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut