Pra-May Day, KRB Gelar Mimbar Bebas Dan Jajak Pendapat

Sebagai pra-kondisi menuju Hari Buruh Sedunia pada 1 Mei dan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei, puluhan aktivis Komite Rakyat Bersatu (KRB) Jogjakarta menggelar mimbar bebas dan jajak pendapat, Jumat (27/4/2012).

Aksi mimbar bebas digelar di depan Pasar Bringharjo Malioboro Yogyakarta. Dalam aksinya itu, sejumlah aktivis menyampaikan orasi politik mengenai berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia akhir-akhir ini. Diantaranya, rencana pemerintah menaikkan harga BBM.

Dalam aksi massa itu, massa aksi KRB juga menggelar jajak pendapat. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui sikap rakyat terkait kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM.

Para aktivis mengedarkan kuisioner kepada rakyat, khususnya pedagang pasar. Pak Anto, seorang pedagang di pasar Bringharjo, mengaku kecewa dengan keinginan pemerintah menaikkan harga BBM.

Bagi Anto, kenaikan harga BBM akan berdampak pada penurunan omzet penjualan akibat penurunan daya beli rakyat. Ia pun berharap agar pemerintah memperbesar anggaran kesejahteraan rakyat.

Hal senada diungkapkan Rizal, seorang pedagang yang sudah 4 tahun menekuni pekerjaannya itu. Rizal menyakini kenaikan harga BBM akan semakin menghimpit kehidupan rakyat jelata.

Semua hasil jajak pendapat itu dikumpulkan di sebuah kotak suara yang ditaruh di pinggir jalan.

Berdasarkan data hasil jajak pendapat tersebut, sebanyak 164 masyarakat Jogja mendukung rencana kenaikan harga dan pembatasan BBM bersubsidi Namun yang menolak jauh lebih banyak mencapai 3.832 orang atau sekitar 96% dari total responden.

ISNAWATI PUJAKESUMA

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • stubentmanacal

    PRD halmahera tengah, bersama seluruh buruh PT. TEKINDO ENERGI akan melakukan aksi besar-besarn pada 1 may nanti.. untuk itu mari kita merahkan indonesia dari sabang sampai meroke dengan aksi menuntut kesejahteraan buruh….