Posko Menangkan Pancasila Kalimantan Timur Galang Tanda Tangan

Posko Menangkan Pancasila  Kalimantan Timur menggelar aksi simpatik dengan menggalang tanda tangan masyarakat, di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Sabtu (27/1/2018).

Di atas kain putih, warga Balikpapan yang sedang berolahraga di Lapangan Merdeka diajak untuk menuliskan harapan dan uneg-uneg-nya terkait kebijakan impor beras dan mahalnya harga kebutuhan dasar Rakyat akhir-akhir ini.

Selain itu, para aktivis Posko Menangkan Pancasila, yang merupakan gabungan dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Partai Rakyat Demokratik (PRD), dan Naluri Perempuan Setara (NAPAS), menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan membacakan puisi-puisi.

Ketua Posko Menangkan Pancasila Kaltim Udin Rizky mengatakan, aksi simpatik ini sebagai bentuk gerakan koreksi terhadap pemerintahan Jokowi-JK agar kembali ke jalan Trisakti dan Nawacita.

“Kita berharap pemerintah menghentikan kebijakan ekonomi yang sangat liberal dan ugal-ugalan, seperti pencabutan subsidi dan penyerahan ke mekanisme pasar sejumlah barang kebutuhan dasar,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah harus fokus untuk menurunkan harga kebutuhan dasar rakyat, khususnya bahan pangan, energi, pendidikan dan kesehatan.

Di tempat yang sama, Ketua Umum NAPAS Fransiska Wung Lawing membeberkan dampak kenaikan harga kebutuhan dasar rakyat terhadap perempuan.

“Ibu rumah tangga, yang dianggap bertanggung jawab terhadap persoalan dapur, paling merasakan dampak kenaikan harga kebutuhan dasar ini,” paparnya.

Dia mengajak kaum perempuan, terutama Ibu-Ibu, untuk mendesak pemerintah agar bisa fokus menurunkan harga kebutuhan dasar.

Sebelumnya, aksi Posko Menangkan Pancasila ini sempat dihalang-halangi oleh pihak kepolisian. Polisi berdalih, surat pemberitahuan aksi ini terlambat disampaikan.

Namun, setelah melalui negosiasi yang alot, polisi membolehkan aksi simpatik, tetapi tidak boleh melakukan orasi politik. Hanya boleh lagu-lagu perjuangan dan puisi-puisi.

Ari Slanker

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut