Podemos Usulkan UU Darurat Sosial

Hanya beberapa hari setelah terpilih sebagai partai terbesar ketiga dalam politik Spanyol, partai beraliran Kiri Podemos mengajukan usulan Undang-Undang Darurat Soial ke parlamen. Hal ini disampaikan pimpinannya, Pablo Iglesias, seperti dikutip kantor berita Kuba Prensa Latina.

Iglasias mmengatakan Undang-Undang ini penting untuk menjamin hak-hak mendasar dari rakyat Spanyol seperti perumahan, pangan, dan perwatan kesehatan.

Undang-Undang Darurat Sosial merupakan hal yang fundamendal untuk menyelamatkan keluarga Spanyol yang menderita, kata profesor muda ini.

Ini akan menjadi langkah pertama untuk pembahasan penuh atas Pasal 25 Deklarasi Hak Asasi Manusia di negeri itu, demikian kata Iglesias di Zamora. Ia menambahkan bahwa ini akan menjadi inisiatif pertama dari partainya ketika bergabung dalam parlamen yang akan dibentuk tanggal 13 Januari nanti.

Lebih lanjut Iglesias menyesalkan bahwa dalam perayaan Tahun Baru ini banyak keluarga Spanyol yang tidak memiliki listrik dan sistem pemanas karena tidak sanggup membayar atau karena telah digusur dari rumahnya.

Podemos mendapatkan 20 persen suara dengan 69 dari 350 kursi di Majelis Rendah. Sekretaris Jenderal Podemos mengingatkan bahwa setiap kesepakatan bagi partainya untuk bersekutu harus menyertakan masalah pelayanan sosial dalam perundingan.

Melejitnya partai baru yang digawangi anak-anak muda dan intelektual progresif ini membawa harapan bagi banyak kalangan progresif di Eropa, namun di sisi lain menimbulkan kekhawatiran di kalangan yang mapan.

Pemimpin Podemos, Pablo Iglesias, adalah seorang profesor yang lahir dari keluarga pekerja sederhana. Sampai saat ini ia masih menetap di sebuah flat sederhana dengan penampilan yang sangat berbeda dibandingkan politisi Spanyol umumnya. Dengan janji perubahan arah kebijakan ekonomi dan anti korupsi Partai ini merepresentasikan sejumlah besar rakyat Spanyol yang menjadi korban krisis ekonomi yang telah berlangsung sejak 2008. 

Mardika Putera

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut