Planet Baru Mirip Bumi Ditemukan

Observatorium antariksa milik NASA, Kepler, menemukan sebuah planet baru yang diyakini menyerupai bumi. Temuan ini dianggap memberikan harapan baru terkait proyek mencari planet baru untuk cadangan bumi.

Planet baru tersebut dinamai Kepler 22-b, dengan ukuran 2,4 kali dibandingkan bumi, dan berputar di sekitar bintang yang tak menyerupai matahari. Konon, planet ini terlihat sejak tahun 2009 dan menjadi salah satu dari 59 planet kandidat “kembaran bumi”.

Menurut NASA, Kepler 22-b memiliki suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Air dalam fasa cair, serta oksigen dalam jumlah melimpah sangat mungkin ada di permukaan planet ini. Planet ini juga hanya memerlukan 290 hari untuk mengitari bintang induknya. Orbit planet ini berukuran 0,85 kali jarak Bumi-matahari.

Akan tetapi, Vladimir Surdin, seorang peneliti senior di institut Antariksa Sternberg Rusia, mengingatkan agar kita berhati-hati dalam menebak kehidupan sebuah planet yang berada sangat jauh dari kita.

Menurut ilmuwan Rusia ini, dulu para ilmuwan juga pernah menduga suhu di Venus berkisar 60-70 dearajat celcius, tapi kenyataannya suhu di sana melebihi 500 derajat celcius.

Dengan jarak 600 tahun cahaya dari bumi, Surdin meragukan bahwa ada pesawat ruang angkasa di masa sekarang maupun di masa depan akan bisa menjangkaunya. “Jika kita memulai untuk mencari planet baru, itu harus dalam tata-surya kita,” katanya.

Ilmuwan Rusia ini mengatakan penemuan Kepler 22-b tidak dapat disangkal sebagai sebuah penemuan besar. Akan tetapi, penemuan itu murni pengetahuan.

Sebelumnya, ilmuwan perancis menemukan planet serupa yang diberi nama Gliese 581. Sedangkan ilmuwan Swiss juga menemukan planet bernama HD 85512b, yang letaknya berada di 36 tahun cahaya dari bumi.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • bukan berarti menjadi alasan untuk “boleh” menghancurkan bumi karena sudah menemukan planet baru.
    ‘SAVE OUR PLANET.!!