Petani Sambut Pergantian Tahun Di Depan DPR

Semarak menyambut pergantian tahun berlangsung di seantero dunia. Di Jakarta, tepatnya di depan gedung DPR, seratusan petani dan aktivis berusaha menyambut pergantian tahun dengan caranya sendiri.

Dengan duduk melingkar, sejumlah aktivis dan petani menyampaikan orasi atau testimoni mereka mengenai sejumlah kejadian di tahun 2011. Selain itu, ada pula lagu-lagu perjuangan yang menyelingi acara refleksi akhir tahun ini.

Yoris Sindhu Sunarjan, Ketua Umum Serikat Tani Nasional (STN), memulai refleksi akhir tahun ini dengan menceritakan sejumlah persoalan yang dihadapi kaum tani di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2011.

Ada pula testimoni dari perwakilan petani Pulau Padang dan Bima. Aktivis buruh, yakni dari Serikat Pekerja Carrefour Indonesia dan Serikat Buruh Migran, tak ketinggalan menyampaikan refleksi akhir tahun dan  seruan solidaritas.

Acara menyambut pergantian tahun di depan DPR ini kian bertambah semarak dengan kedatang aktivis FNBPI, SRMI, dan warga Tanah Merah.

Begitu jaram jam menunjuk jam 12.00 WIB, para petani pun larut dalam histeria menyambut tahun baru. Para petani pun berjoget sebagai ungkapan suka-cita datangnya tahun 2012.

Para petani punya harapan besar di tahun 2012. Mereka tidak hanya berfikir tentang penyelesaian kasus mereka. Rata-rata petani berharap agar ada perubahan atas nasib bangsa Indonesia di tahun 2012.

“Kami sangat berharap, di tahun 2012 nanti, terjadi perubahan besar di Indonesia. Rejim neoliberal bisa diakhiri dan kita memiliki sebuah pemerintahan yang berdaulat dan pro-rakyat,” ujar Yahya HS, salah seorang petani Pulau Padang, kepada Berdikari Online.

Ia pun agar berharap gerakan rakyat makin membesar dan bersatu. Untuk itu, kata dia, gerakan rakyat perlu lebih aktif lagi dalam mengorganisasikan perjuangan rakyat tertindas di seluruh Indonesia.

ULFA ILYAS

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut