Petani Jambi Tiba Di Tempino

Setelah berjalan kaki selama 2 hari, rombongan petani Jambi yang sedang menggelar aksi jalan kaki menuju Jakarta sudah tiba di Tempino, Mestong, Muaro Jambi.

Malam ini petani menginap di kantor Kecamatan Mestong. Camat Mestong, Drs. Rossa Chandra Budi, menyambut baik kedatangan petani dan membolehkan menginap di kantornya.

Kondisi fisik petani sendiri cukup kelelahan. Untuk mengatasi kaki yang pegal, mereka berusaha meluruskan kaki. Bahkan ada yang saling pijat kaki.

“Kondisi logistik kita sangat tipis, terutama bahan makanan, air minum, dan obat-obatan. Jadinya, coba kami tanggulangi sendiri,” kata koordinator aksi Joko Supriadinata kepada berdikarionline.com, Jumat (18/3/2016).

Meski demikian, kata Joko, para petani tetap bersemangat untuk melanjutkan aksinya hingga ke Jakarta. Rencananya, aksi jalan kaki akan dilanjutkan besok pagi.

“Besok akan kita lanjutkan aksi jalan kaki. Rasa capek dan lelah tidak akan melunturkan semangat dan daya juang kami,” tegasnya.

Joko menambahkan, karena jumlah petani yang ikut berjalan kaki cukup banyak, ayunan langkah mereka dibuat pelan. Maksudnya agar barisan petani tidak terputus-putus.

“Apalagi, beberapa ibu atau keluarga yang ikut aksi ini membawa serta anaknya. Jadi, kami bergerak agak pelan,” jelasnya.

Joko menjelaskan, jauh hari sebelum aksi jalan kaki dimulai, sudah disosialisasikan untuk tidak membawa anak-anak. Namun, beberapa orang tua tetap membawa anaknya dengan alasan tidak ada yang menjaga anaknya di kampung.

“Tidak ada yang jaga anak mereka di kampung dan kurang aman. Sebab, kampung mereka sedang dalam bara konflik agraria,” jelasnya.

Kalau tidak ada rintangan, dalam beberapa hari kedepan petani Jambi sudah akan memasuki provinsi Sumatera Selatan.

Muhammad Idris

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut