Petani Bantah Jadi Pemicu Bentrokan di Karawang

Pada hari Selasa (11/10/2016), petani dusun Cisadang, desa Wanajaya, kecamatan Teluk Jambe barat, Karawang, terlibat bentrok fisik dengan pihak pengamanan PT Pertiwi Lestari.

Bentrokan itu menyebabkan 3 petani terluka. Sedangkan di pihak perusahaan sejumlah petugas keamanan juga terluka. Bentrokan baru mereda setelah aparat keamanan melepas tembakan.

Dalam pemberitaan Tempo.co, Selasa (11/10), disebutkan bahwa seorang Satpam perusahaan mengalami luka bacok di bagian belakang kepalanya. Korban pun terpaksa dilarikan ke RSUD Karawang.

Menurut berita Tempo.co, para petani keluar dari semak-semak dan langsung menyerang pihak keamanan PT Pertiwi Lestari. Mereka membawa golok, kayu dan potongan bambu.

Namun, Serikat Tani Nasional (STN) membantah pemberitaan Tempo.co itu. “Tidak ada penghadangan oleh petani terhadap alat berat dan security PT Pertiwi Lestari, seperti ditulis Tempo.co. Yang terjadi adalah reaksi spontan petani setelah ladang mereka dirusak oleh backhoe dan buldoser,” kata Ketua Umum STN, Ahmad Rifai, dalam keterangan persnya, Kamis (13/10/2016).

Menurut Rifai, bentrokan terjadi karena seorang petani bernama Enjam ditarik oleh pihak PT Pertiwi Lestari dan dipukuli. Akhirnya, petani yang lain marah dan mengejar pihak keamanan perusahaan tersebut.

“Orang-orang PT Pertiwi Lestari tunggang-langgang. Ada yang jatuh dan kepalanya membentur batu. Ada juga yang jatuh ke lubang galian,” jelasnya.

Rifai juga membantah kalau PT Pertiwi Lestari hanya melakukan pengerasan jalan dari dusun Cisadang ke dusun Kiara Hayam. Yang terjadi, perusahaan membuka jalan baru sebagai dalih untuk menggusur petani dari kampung dan halamannya.

“Ini ladang petani dirusak oleh alat berat perusahaan. Siapa yang tidak marah kalau begitu,” tegasnya.

Rifai juga menyesalkan tindakan Kepolisian Resort Karawang yang menangkap dan menahan sejumlah petani. Dia melihat kepolisian tidak bersikap netral dalam kasus konflik agraria antara petani dengan PT Pertiwi Lestari.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut