Festival Kemerdekaan: Pementasan Dan Esai untuk Refleksi Kemerdekaan

JAKARTA:  Panitia Festival Kemerdekaan 2010, yaitu JAKER dan komunitas Gerbong, kembali mengelar acara “Malam Tirakatan Kemerdekaan”, tadi malam (16/8), sebagai rangkaian acara dari sebulah penuh festival di bulan Agustus ini.

Saat memberikan sambutan di bagian awal acara, Ketua Umum PRD Agus Jabo telah memperingatkan mengenai bahaya penjajahan ulang atau rekolonialisme yang sudah berada di depan mata, ditandai dengan kontrol asing terhadap kebijakan ekonomi, politik, dan kebudayaan secara nasional.

Pada kesempatan ini, setelah pengumuman jumlah esai yang terkumpul, panitia dengan bangga meluncurkan sebuah buku berisikan kumpulan esai-esai dan diberi judul “Bunga Rampai Melawan Penjajahan Baru.” Para penulis esai diberi kesempatan untuk menyampaikan pandangan secara lisan mengenai ide di balik penulisan esai tersebut.

Kepada Berdikari Online, panitia telah mengkonfirmasi bahwa ada 15 penulis essay yang berpartisipasi dalam acara ini, antara lain, Abdul Rahman, Sihar Ramses Simatupang, Wenri Wanhar, Ras Muhamad, Salamuddin Daeng, Ester Jusuf, SH, Rismayanti Priyanita, KRT Hendarmin Susilo, Lely Fitriani, dan lain-lain.

Pembacaan puisi tidak kalah menariknya. Saat Roso Soeroso, Sekjend Jaker, usai membacakan dua puisi dengan suara lantang dan menggelegar, suara tepuk tangan menggemuruh pertanda sebuah apresiasi yang sangat besar.

Sementara itu, melalui gerakan tari yang baik, Madia Patra Ismar dan kawan-kawannya dari Sanggar KIPAS (Kelompok Insan Pemerhati Seni) berusaha menggugah para penonton dan tamu undangan mengenai upaya sistematis rejim Soeharto membunuh kesenian yang berbau kiri dan kerakyatan.

Di bagian akhir acara, sebuah pementasan drama pendek ditampilkan dengan mengambil setting peristiwa penculikan Soekarno-Hatta oleh para pemuda revolusioner menjelang proklamasi kemerdekaan 1945. Drama pendek ini diberi judul “Menculik Soekarno-Hatta”, dengan sutradara AJ Susmana dan narator Dominggus Oktavianus.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut