Pernyataan Sikap KASBI Menjelang Hari Buruh Sedunia Tahun 2014

Tanggal satu mei ini kemenangan kita, kaum yang bekerja seluruh dunia
Tanggal satu mei ini perayaan kita, kaum yang bekerja seluruh dunia

Hidup Buruh !!!
Kawan-kawan buruh yang masih terus berlawan …

Pada hari Satu Mei, kita kaum buruh sedunia memperingati HARI BURUH INTERNASIONAL (MAYDAY). Satu hari yang merupakan momentum peringatan atas perjuangan para pejuang buruh di masa lalu dalam merebut hak atas kesejahteraan, yaitu hak 8 jam kerja. Momentum MAYDAY adalah kenangan terhadap para buruh di CHICAGO yang tak kenal lelah dan mengorbankan segalanya untuk mendapatkan hak yang menunjukkan pada kita bahwa HAK TIDAK DIBERIKAN NAMUN HARUS DIREBUT.

Dahulu pada masa kediktatoran ORBA. MAYDAY adalah HARI TERLARANG. Namun sekarang, karena gelombang perlawanan kaum buruh MAYDAY telah menjadi HARI RAYA bahkan bagi serikat-serikat buruh yang dulu PRO ORDE BARU. Namun ternyata sikap PEMERINTAH (elit, aparat Negara) dan PENGUSAHA sejatinya masih sama. Pemerintah dan Pengusaha selalu mencoba untuk meredam semangat PERLAWANAN MAYDAY menjadi pesta dangdut, karnaval, aksi bakti social dan ajang pesta hiburan.

Benar bahwa pada satu hari nanti KITA AKAN MERAYAKAN MAYDAY sebagai HARI RAYA KEMENANGAN KAUM BURUH dengan pesta, karnaval dan bersenang-senang. Namun itu akan kita lakukan ketika KAUM BURUH TIDAK LAGI TERTINDAS. Ketika kita tidak lagi menjadi BUDAK MODERN dibawah PENJAJAHAN GAYA BARU.

Namun, Pada saat ini kita kaum buruh, masih mengalami satu penindasan dan dirampas kemerdekaannya untuk dapat hidup sejahtera dan merdeka. Hari ini kaum buruh masih dihisap dan dijajah oleh sistem kapitalisme yang menghisap darah dan tenaga kaum buruh. Kaum buruh dihisap tenaganya dan dibayar murah hanya agar tetap hidup supaya tetap dapat terus menerus dihisap tenaganya. Kapitalisme dalam bentuknya yang sekarang yaitu NEO-LIBERALISME (PENJAJAHAN GAYA BARU).

Oleh karena itu pada HARI BURUH SEDUNIA 2014 ini, KONFEDERASI KASBI kembali akan turun ke jalan membangun satu perlawanan bersama. Perlawanan sebagaimana pernah dilakukan pada MOGOK NASIONAL 2012 Oktober lalu. Kita akan terus melakukan perlawanan atau kita akan terus menjadi BUDAK MODERN di Abad 21 ini.

Pada SATU MEI seluruh anggota Konfederasi KASBI bersama kaum buruh lainnya melakukan serangkaian aksi di berbagai daerah yaitu antara lain:

1. Di Jakarta, Bekasi, Tangerang dan sekitarnya dilakukan dengan cara:

  • Dari Tangerang bersama dengan aliansi KABUT akan melakukan LONGMARCH (jalan kaki bersama-sama) dari Batu Ceper Tangerang menuju Cengkareng
  • Dari Bekasi dan Jakarta akan langsung ke titik kumpul di Bundaran HI
  • Dari Bundaran seluruh massa dari Jakarta, Tangerang dan Bekasi akan bersama-sama longmarch menuju ISTANA NEGARA untuk menuntut pertanggung-jawaban Negara;

2. Di Karawang dilakukan dengan melakukan Longmarch dari Cikampek menuju Kantor Bupati;
3. Subang, dengan aksi konvoi bermotor dari Pamanukan dan Kalijati menuju Kantor Bupati;
4. Purwakarta dilakukan di Kantor Bupati;
5. Bandung Raya dilakukan dengan konvoi dari basis-basis buruh di Cimahi, Rancaekek, Sumedang, Majalaya menuju Gedung Sate;
6. Indramayu dipusatkan di kantor Bupati
7. Jawa Tengah: Semarang, Cepu dan Magelang.
8. Jawa Timur akan dilakukan di Gresik, Madiun dan Surabaya;
9. Sumatera Selatan akan di pusatkan di Palembang dan akan dilakukan aksi sejak tanggal 28 di Kabupaten Banyuasin dan OKI;
10. Sumatera Utara di Kantor Gubernur Sumut di Medan

Kita terus menerus menuntut karena hanya kita kaum buruh sendiri bersama degan rakyat tertindas lainnya yang dapat merubah nasib kita dengan menghancurkan PENJAJAHAN GAYA BARU dan merubahnya dengan system ekonomi yang bersandarkan pada kepentingan rakyat bukan pada kepentingan modal (investasi) belaka.

Konfederasi KASBI akan terus menerus melakukan aksi untuk selama PENJAJAHAN BENTUK BARU belum musnah di tanah air kita. Sistem ekonomi yang menghamba pada kepentingan kaum modal dengan dalih iklim investasi adalah pokok utama dari bentuk Penjajahan Gaya Baru.

Oleh karena itu sampai Negara menerapkan SISTEM EKONOMI yang berpihak pada kesejahteraan rakyat yang menjalankan program Industri Nasional yang melibatkan peran serta kaum buruh untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi seluruh rakyat, KONFEDERASI KASBI akan terus menerus melakukan perlawanan.
Karena Konfederasi KASBI yakin bahwa hanya dengan menjalankan system ekonomi yang berpihak pada rakyat sajalah AMANAT KONSTITUSI untuk mensejahterakan dan memakmurkan bangsa bisa terwujud.

Pada momentum Hari Buruh Internasional 2014 ini, Konfederasi KASBI menyerukan kepada semua kaum buruh untuk bersama-sama menuntut SEPULUH TUNTUTAN RAKYAT (SEPULTURA), yaitu:

1. Hapus Sistem Kerja Kontrak dan Outsourcing
2. Tolak Poltik Upah Murah: Berlakukan Upah Layak Nasional
3. Tolak PHK, Union Busting dan Kriminalisasi Anggota dan Pengurus Serikat Buruh
4. Laksanakan Hak-Hak Buruh Perempuan dan Lindungi Buruh Migran Indonesia
5. Jaminan Sosial Bukan Asuransi Sosial
6. Tanah dan Air untuk Kesejahteraan Rakyat
7. Tangkap, Adili dan Penjarakan Pengusaha Nakal
8. Tolak Privatisasi: Bangun Industri Nasional untuk Kesejahteraan Rakyat
9. Pendidikan dan Kesehatan Gratis untuk Rakyat;
10. Turunkan Harga Kebutuhan Pokok

Konfederasi KASBI juga menyerukan kepada seluruh kaum buruh, mari kita bergerak bersama dengan seluruh rakyat yang terhisap oleh penjajahan gaya baru untuk melawan SEGALA BENTUK KEBIJAKAN YANG MENYENGSARAKAN RAKYAT.

Jakarta, 28 April 2014
Satu Tekad, Satu Sikap, Satu Tindakan :
HANCURKAN PENJAJAHAN GAYA BARU

Hormat kami,
Pengurus Pusat
Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia

Ketua Umum

(Nining Elitos)

PELAKSANA NEGARA GAGAL SEJAHTERAKAN RAKYAT
BERSAMA KASBI, KAUM BURUH BANGKIT MELAWAN MEREBUT KESEJAHTERAAN

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • Roman Haloho

    Luar biasa KASBI