Penyanyi Kerakyatan Kuba Silvio Rodriguez Konser Di Washington

WASHINGTON, Berdikari Online: Penyanyi legendary Kuba, Silvio Rodriguez, tampil sangat mengesankan saat konser akhir pekan di DAR Constitution Hall, yang hanya beberapa blok dari gedung putih, tempat berkantornya Presiden AS.

“Hari ini, saya menyadari bahwa kita hanya terpisah beberapa blok dengan gedung putih, kepada presiden Obama, bebaskan para pahlawan kami,” ujar Silvio mengacu kepada lima orang aktivis anti-teroris Kuba, yaitu Gerardo, Antonio, Ramón, Fernando dan René, yang telah ditahan sepuluh tahun di penjara AS secara tak adil.

Seperti dilaporkan peoples world, Silvio menyanyikan sejumlah lagu yang sangat menggugah, diantaranya, “Playa Girón,” “Ojalá,” “Mariposas,” “Corazón desangrado”, dan “Unicornio”.

Notimex melaporkan, para penonton berkali-kali berteriak meminta tambahan lagu dari Silvio, dan menyanyikan lagu itu secara bersama-sama. “Semua orang terbawa dalam emosi, mengenai sejarah dan kehidupan sosial kita,” ujar seorang penonton.

Di sela-sela konser itu, Silvio mengungkapkan rencananya untuk menciptakan sebuah lagu baru untuk merehabilitasi nama besar “Ernesto Che Guevara”, pahlawan revolusioner pembebasan rakyat Amerika Latin. Mengingat, bahwa image soal Che kini telah dirusak oleh korporasi besar, seperti dalam bentuk gambar produk Vodka dan kaos.

Semenjak menjadi icon budaya pop, kata Silvio, semangat dan nilai revolusioner Che Guevara hendak dipendamkan dibalik gemerlap produk dan komoditi. “Che adalah simbol pemberontakan dan perlawanan terhadap kapitalisme dan Imperialisme,” tegasnya. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut