Pekerja dan Mahasiswa Chile Protes Privatisasi

Para pekerja Chile dan pelajar Universitas menggelar aksi massa di Ibukota pada hari Kamis, (12/5) memprotes kebijakan pemerintah untuk memprivatisasi sektor pendidikan publik.

Konfederasi pelajar Chile (Confech) menyatakan pada hari Rabu menyatakan persetujuan untuk menggelar aksi bersama di jalan utama ibukota, Alamaeda.

Mahasiswa dan pelajar sekolah menengah dari sekolah swasta dan pemerintah bergabung dengan otoritas Universitas dan serikat pekerja, dan setelah berbaris bersama, mereka berencana untuk menggelar rally di Paseo Bulnes, dekat dengan istana Moneda.

Organiser aksi memperkirakan 15.000 orang berpartisipasi dalam aksi ini.

Camila Vallejo, Presiden Federasi Mahasiswa Chile, mengatakan bahwa sistim pendidikan mengalami masalah krisis struktural karena adanya sistim yang didasarkan kepada logika pasar, yang tidak menjamin pendidikan sebagai hak universal dan bersifat sosial.

“Kami tidak memperbolehkan adanya diskriminasi karena status sosial-ekonomi atau pelajar berhenti karena kekurangan biaya,” kata Zolezzi, yang bergabung dengan aksi protes untuk memberikan solidaritas.

Dibubarkan Polisi

Meskipun awalnya berjalan damai, namun aksi ini segera berubah menjadi bentrokan tatkala Polisi berusaha membubarkan aksi mahasiswa.

Aksi pembubaran terjadi manakala mahasiswa sudah mendekati alun-alun utama kota, tempat yang sedianya menjadi pusat dari aksi ini. akan tetapi, tiba-tiba polisi memasang barikade.

Polisi menembaki pelajar dan mahasiswa dengan gas air mata dan semburan air, sedangkan mahasiswa membalas dengan lemparan batu dan molotov.

Puluhan mahasiswa ditangkap dalam bentrokan ini.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut