Occupy Oakland Gelar Pemogokan Umum

Ribuan warga Oakland, California, memenuhi seruan pemogokan umum yang diorganisir oleh aktivis Occupy Oakland, Rabu, 2 November 2011. Mereka berbaris di jalan-jalan dengan memegang spanduk besar “general strike”.

Seruan pemogokan itu mendapat dukungan dari serikat pekerja, mahasiswa, guru-guru sekolah, dan pensiunan perang Irak. Sebagian besar aksi diarahkan untuk menutup sejumlah bank dan pelabuhan.

Sebuah laporan menyebutkan bahwa sejumlah bank berhasil ditutup oleh rakyat, seperti Bank of America, Wells Fargo, Comerica, Chase dan Citigroup. Pada awalnya, aksi penutupan ini dilakukan oleh rakyat biasa yang mendengar seruan Occupy Oakland.

Seperti yang dilakukan oleh John Robb, seorang partisipan dari Pairfax, California, yang berusaha menutup Bank Chase sendirian. “Keamanan mendorong saya pergi, tetapi saya tetap bertahan di sini selama 30 menit. Lalu datang beberapa orang, tetapi keamanan mengusir kami jauh-jauh…kemudian datang massa yang lebih besar dan berhasil mengunci bank tersebut,” ujarnya.

Beberapa demonstran meneriakkan, “Duduki Oakland, bukan Palestina”. Sebuah banner besar bertuliskan “hidup komune Oakland” terlihat mencolok menutup jalan 14th dan Broadway.

Sementara seorang orator menyerukan kepada partisipan aksi untuk memulai aksi menarik uang-uang mereka dari bank. Massa lalu bersorak gembira begitu mendengar bahwa para pekerja pelabuhan Oakland mulai aksi mogok. Para pekerja direncanakan akan menutup aktivitas pelabuhan itu pada pukul 17.00 waktu setempat.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut