Musik Sosialisme Venezuela

Musik mewakili energi, harapan, kegembiraan hidup, integrasi dan perdamaian. Musik adalah hadian dari surga, kata para filosof, sedangkan para musisi segera setuju.

Venezuela selalu menjadi negara musik dimana rakyatnya suka menyanyi, memainkan instrumen, bergabung dalam band, combo, orkestra besar atau kecil.

Beberapa video menunjukkan Presiden Hugo Chavez menyanyi. Ia menyanyi di sela-sela pidatonya, ia menyanyi ketika menyapa para kawan seperjuangannya atau diplomat asing. Ia bahkan bernyanyi ketika berkunjung ke Universitas Moskow.

Pada tahun 1975, “El Sistema” didirikan di Venezuela oleh José Antonio Abreu, yang nama resminya Fondación del Estado para el Sistema Nacional de las Orquestras Juveniles e Infantiles de Venezuela (FESNOJIV).

Yayasan Negara Untuk Sistem Nasional Orkestra Anak-Anak Dan Pemuda Venezuela (FESNOJIV) adalah sebuah organisasi non-profit yang mengawasi lebih dari 120 orkestra pemuda dan program pelatihan instrumental.

Sekitar 100.000 anak menghadiri sekolah musik “El Sistema” di seluruh negeri, baik yang gratis maupun yang berbiaya murah. Ini sangat membantu kaum muda yang berasal dari latar-belakang sosial-ekonomi miskin.

Pendirinya, José Antonio Abreu, seorang ekonom Venezuela yang punya kegemaran musik, mengatakan, “musik adalah agen pembangunan sosial yang penting karena mentransmisikan nilai-nilai tinggi—harmoni, solidaritas, dan rasa kasih-sayang. Ini mampu menyatikan seluruh komunitas dalam mengekspresikan perasaan yang luhur.”

Pemerintahan Hugo Chavez melihat adanya nilai-nilai yang sosialis dalam “El Sistema”, dan mendanai 90% biaya administrasi, dan mendukung pendanaan program khusus “El-Sistema”.

“El Sistema” dikenal menyelamatkan pemuda-pemuda yang berada dalam keadaan miskin dari lingkungan “genster” kejahatan dan penyalah-gunaan narkoba. Tujuannya adalah menggunakan musik untuk melindungi anak-anak melalui pelatihan, rehabilitasi, dan pencegahan perilaku kriminal.

Di tahun 2007, Chavez menghadirkan José Antonio Abreu di acara TV-nya, “Halo Presiden” (Aló Presidente), dan mengumumkan misi baru pemerintahan sosialis, yaitu Misi Musik (Misión Musica), dengan tujuan memberikan kuliah dan instrumen musik kepada anak-anak Venezuela.

Mungkin produk paling terkenal dari “El Sistema” adalah orkestra bergengsi Simon Bolivar (sebelumnya: orkestra muda Simon Bolivar), tetapi kata “muda” dihilangkan dari nama, sebagai kelompok musik yang punya musisi matang dan dewasa profesional sekarang. Di bawah tongkat Gustavo Dudamel, mereka melakukan tur ke seluruh dunia, dengan penampilan sebagai bintang tamu dalam konser di lima benua.

Gustavo Adolfo Dudamel Ramirez, lahir di Barquisimieto pada tanggal 26 Januari 1981, adalah konduktor Venezuela paling terkemuka dan sekaligus seorang pemain biola terkenal. Ia anak seorang trombonis dan sekaligus guru vokal. Belajar sejak usia dini, dengan diajar oleh “El Sistema”, ia mengambil pelajaran biola dan segera setelah itu belajar komposisi. Pada tahun 1995, ia mulai belajar dirigen dan diangkat sebagai direktur musik pada tahun 1999.

“El Sistema” sangat populer di mata anak-anak Venezuela dan orang-tuanya. Ketika anak-anak mendaftar diri, orang tua juga ikut menemani. Mereka mengawasi kehadiran anak-anak mereka.

“El Sistema” juga membantu anak-anak jalanan. Menerima kemeja bersih dan makan siang gratis. Selanjutnya, mereka diperkenalkan dengan dunia musik dan pemberdayaannya yang ajaib.

Ketika mereka lulus dari sekolah, mereka akan menjadi penyanyi terlatih, instrumentalis da konduktor. Delapan puluh lima persen murid “El Sistema” meraih nilai baik, bahkan sangat baik untuk kemampuan musik.

“El Sistema” menawarkan lebih dari sekedar musik. Ia juga mengajarkan semangat perkawanan dan saling membantu. Ia juga mengajarkan keterampilan hidup seperti belajar untuk mendengar. Para musisi difokuskan pada musik, pada guru atau konduktor, tetapi di atas segalanya, mereka difokuskan saling-mendengar satu sama lain.

“El Sistema” adalah sistem belajar sendiri dimana pada akhirnya setiap siswa menjadi guru. “El Sistema” sudah mengabdi selama kurang lebih 40-an tahun.

Pada bulan Maret 2012, pemerintah Venezuela membagi-bagikan sekitar 600 perangkat musik instrumental kepada anak-anak sekolah di Caracas. Kegiatan ini diorganisir oleh Badan Anti Narkoba Nasional (ONA) dan Departemen Kehakiman sebagai cara memerangi kejahatan.

Instrumen yang dibagikan adalah alat musik tradisional rakyat: bandola (mandolin Venezuela), Cuatro (gitar empat senar di Venezuela), marakas, dan perkusi yang terbuat dari labu kering, diisi dengan kacang kering.

Pemerintahan Hugo Chavez mendorong  anak-anak muda memainkan musik tradisional rakyat. Chavez memang sangat mencintai jenis musik ini. Datang dari negara bagian Barinas di Llanos (padang rumput), Chavez adalah penggemar berat “Musica Llanera”, jenis musik yang banyak dimainkan oleh para penggembala dengan bermain ala Jaropo.

Jaropo Venezuela adalah gaya musik yang menyerupai waltz–Waltz adalah suatu jenis tarian ruangan (ballroom dance) dan tarian rakyat dalam ketukan 3/4, dilakukan terutama dalam posisi tertutup. Pada tahun 1882, Jaropo menjadi tari nasional di negara itu. Sebenarnya, kata itu berarti “mengadakan pesta”. Joropo adalah tarian meriah. Komunitas maryarakat padang rumput berkumpul di festival Jaropo dimana mereka bertemu, berbicara, makan, minum, menari, menyanyi dan umumnya memiliki waktu yang baik.

Festival jaropo juga disebut pasar perkawinan, di mana anak laki-laki menatap anak perempuan dan demikian sebaliknya, dimana pasangan masa depan dipilih dan diundang menari pertama.

Kostum wanita penuh warna dan mencolok, rok wanita berputar selutut dengan embel-embel warna pelangi. Sedangkan pria menggunakan setelah pakaian linen tradisional putih dengan topi lebar bertepi hitam atau putih kaku.

Jaropo adalah tarian berpasangan secara berbaris. Tarian ini menggunakan giliran tangan, giliran waltz dan banyak gerakan kaki. Venezuela rutin melakukan festival Jaropo dengan berbagai hadiah untuk sang pemenang.

Proyek sosialis pemerintahan Chavez, “Alma Llanera” (Suara Padang Rumput), menggambungkan lebih 40.000 anak dalam orkestra musik kesenian rakyat. Untuk proyek baru ini, pemerintah menggelontorkan dana 395 juta bolivar. Dana ini digunakan untuk mendukung 275 orkestra pemuda kesenian rakyat di seluruh negeri.

Budaya Llanero (penggembala) adalah bagian penting Venezuela. Di sini ada 12 juta sapi di Llanos. Para Llanero mengawasi gembalaan mereka dari jauh. Di musim penghujan, para penggembala akan membawa ternak mereka ke dataran yang lebih tinggi untuk menghindari banjir. Pada musim panas, para penggembala membawa ternak mereka di dataran rendah guna mendapatkan air di tengah musim panas dan kering.

Selama berabad-abad, para Llaneros mengembangkan gaya hidup mereka sendiri dengan musik mereka yang khas, masakan, dan tarian. Festival tahunan Llaneros dan jaropo menarik minat masyarakat dan turis.

OLIVIA KROTH

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut