MSF Makassar Bersolidaritas Untuk Hugo Chavez

Aksi solidaritas Makassar Solidarity for Venezuela

Sebagai ungkapan belasungkawa terhadap wafatnya Commandante Hugo Chavez Frias, Makassar Solidarity for Venezuela (MSF) kemarin (11/3) menggelar Farewell Gathering for Chavez dibawah jembatan Flyover Urip Sumoharjo.

Menurut Aswin, perwakilan dari MSF, Flyover Urip Sumoharjo sengaja dipilih sebagai tempat menggelar aksi solidaritas ini karena ia merupakan simbol medan perjuangan dimana gagasan tentang perubahan seringkali diteriakkan di tempat ini.

“Jika saja Chavez sempat ke Makassar, maka kami akan mengajaknya bercerita tentang Revolusi Bolivariannya di tempat ini,” ujar Aswin.

Aksi solidaritas yang diikuti olah puluhan orang dan diramaikan dengan beberapa foto Hugo Chavez ini selain untuk menyatakan duka cita atas wafatnya Chavez, juga bertujuan untuk menyatakan dukungan terhadap rakyat Venezuela untuk dapat terus melanjutkan Revolusi Bolivarian yang telah mereka jalankan dibawah kepemimpinan Chavez.

Dalam aksi ini, selain dibacakan biografi singkat Chavez, juga disampaikan berbagai fakta mengenai keberhasilannya selama menjadi pemimpin Venezuela.

Tak hanya itu, beberapa peserta aksi solidaritas ini menyampaikan testimoninya mengenai Chavez. Secara keseluruhan, testimoni peserta aksi ini berisi cerita perkenalan mereka dengan Chavez dari berbagai sumber, baik dari bahan bacaan maupun film dokumenter, seperti Revolution Will Not Be Televised, yang sering diputar di berbagai kampus di Makassar pada tahun 2005.

Selanjutnya, mereka juga menyampaikan solidaritas terhadap rakyat Venezuela dan berharap agar semangat perubahan di Venezuela dijadikan inspirasi dan menjadi pelecut semangat  perubahan di Indonesia.

Setelah pembacaan pernyataan solidaritas dari Makassar Solidarity for Venezuela, aksi solidaritas ini ditutup dengan lagu Darah Juang.

Zulkhair Burhan

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut