Misi Revolusi Bolivarian Melindungi Anjing Dan Kucing Jalanan

Misi sosialisme bukan hanya menyelamatkan kehidupan manusia, tetapi juga lingkungan dan alam. Termasuk juga hewan di dalamnya.

Tanggal 30 Desember 2013, pemerintahan revolusioner Venezuela meluncurkan sebuah misi sosial yang disebut “Mission Nevado. Misi ini bertujuan untuk menyelamatkan hewan yang terlantar di jalanan, seperti anjing dan kucing.

Misi ini akan mendorong pembentukan kolektif organiser, yang disebut Kolektif Nevado, yang akan bekerja sukarela menyelamatkan hewan terlantar di jalanan. Kolektif ini akan diberi pelatihan tentang bagaimana menyelamatkan hewan, cara memelihara, cara memberi makan, dan mencarikan adopter untuk hewan-hewan tersebut.

Selain itu, misi ini akan menyediakan tempat penampungan dan pemeliharaan hewan terlantar. Juga mendirikan klinik-klinik khusus untuk pemeliharaan kesehatan hewan. Selain itu, misi ini juga mengorganisir kampanye untuk melawan praktek-praktek kekerasan dan penganiayaan hewan.

Gagasan untuk mendorong negara turun tangan menyelamatkan hewan terlantar pertamakali dimunculkan oleh almarhum Presiden Hugo Chavez. Saat itu Chavez menekankan pentingnya solidaritas terhadap hewan. Menurut Chavez, seorang sosialis mesti memiliki kecintaan tanpa batas, termasuk terhadap hewan.

“Seorang sosialis harus memiliki kecintaan dan kemauan mengasihi tanpa batas,” kata Chavez saat itu.

Nevado, yang berarti “Salju”, adalah nama anjing yang turut menyertai pahlawan Amerika Latin, Simon Bolivar, di medang peperangan.

Kemudian, pada tahun 2003, ketika sedang di Merida, seorang anak memberi anjing peliharaan kepada Chavez. Anjing itu bernama Nevado.

Kemudian, pada saat prosesi pemakaman Chavez, sebuah peristiwa tidak lazim juga terjadi. Seekor anjing turut mengiringi prosesi pemakaman Chavez sejauh 12 kilometer. Anjing itu kemudian diadopsi oleh Garda Nasional—pasukan elit Venezuela—dan diberinama “Nevado”.

Ketika meluncurkan misi ini di tahun 2013, Presiden Nicolas Maduro muncul di TV sembari menggendong seekor kucing. Dia kemudian bicara tentang perlunya rakyat Venezuela punya “kecintaan tanpa batas”. Dia pun menamai misi ini dengan sebuat “Misi Nevado”.

Untuk mengawali misi ini, Presiden Maduro menggelontorkan dana sebesar 36 juta bolivar untuk mendanai pembangunan 6 pusat kesehatan hewan yang akan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada hewan-hewan terlantar.

Misi Nevado sudah berjalan dua tahun. Sejak diluncurkan, ada 3.852 hewan peliharaan terlantar yang berhasil menemukan rumah baru mereka (adopter). Selain itu, misi ini sudah melakukan 75.984 vaksinasi, 82.719 perawatan anti-parasit, 12.003 sterilisasi, dan berbagai bentuk layanan kesehatan lainnya.

Singkat cerita, misi Nevado menunjukkan besarnya kepedulian sosialisme terhadap kehidupan. Tidak hanya terhadap kehidupan manusia, tetapi juga hewan. Ini sejalan dengan visi sosialisme yang ingin menciptakan kehidupan harmonis antara manusia dan alam.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut