Merencanakan Perjalanan Dengan Baik Tanpa Pusing Kepala

Liburan sudah seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Memikirkannya saja sudah jadi bentuk refreshing, terutama buat mereka yang penat dengan kegiatan sehari-hari dan pekerjaan yang menumpuk. Tapi tak jarang liburan juga bikin pening, karena salah memperhitungkan banyak hal sejak sebelum berangkat sampai pulang. Karena itulah diperlukan itinerary alias rencana perjalanan agar liburanmu jadi lebih seru.

Berangkat sendirian atau dengan rombongan, rencana perjalanan tetap penting. Meski tidak menjadi patokan saklek seperti ketika ikut tour dan travel, tapi rencana perjalanan tetap harus dimiliki sebagai gambaran akan seperti apa liburan nanti. Dan jika membuat sendiri, itinerary tentu lebih fleksibel dan bisa diubah nanti jika ada satu hal yang mendadak.

Tentukan Tanggal Keberangkatan Sejak Jauh Hari

Sumber foto: perfectogift.com

Selain mempermudah pengajuan cuti, menentukan jadwal sejak jauh hari juga membuat kamu punya lebih banyak waktu untuk merencanakan liburan dengan baik. Selain itu, tanggal yang sudah ditemukan sejak lama juga memungkinkan kamu untuk membeli tiket pesawat dengan harga lebih murah.

Cari tiket pesawat promo nggak perlu ribet, langsung ke Traveloka saja dan dapatkan ratusan promo penerbangan ke ribuan tujuan dengan berbagai maskapai yang bisa kamu sesuaikan dengan budget. Dengan Traveloka, mencari tiket pesawat hanya cukup dengan ponsel atau komputer. Selain mudah mencari tiket pesawat, kamu juga mudah mencari tiket hotel di Traveloka. Juga membeli pulsa internet kalau ponsel kamu kehabisan kuota.

Tentukan Lokasi Wisata Sesuai Lama Liburan

Sumber foto: eyeem.com

Tak perlu memaksa mengunjungi 20 tempat hanya dalam waktu seminggu saja. Apalagi kalau liburanmu singkat. Pilihlah lokasi yang paling dekat dengan penginapan agar tidak terlalu memakan waktu perjalanan. Cek pula lokasi-lokasi wisata yang searah, sehingga bisa dikunjungi secara bersamaan dalam waktu singkat.

Pilih Penginapan di Pusat Kota

Kecuali memang di lokasi tujuanmu terdapat penginapan, maka tinggal di pusat kota adalah pilihan yang terbaik. Pusat kota memudahkan kamu untuk bepergian ke mana saja dan bisa dijangkau oleh transporstasi dengan mudah.

Buat Daftar Tertulis

Semua orang pasti punya bayangan akan pergi ke mana saja selama liburan. Meski memorimu kuat, tapi lebih baik tuliskan semua rencana perjalanan di selembar kertas. Simpan dan bawa ke manapun kamu pergi. Jika ada ide baru, segera tuliskan dan tentukan pilihan akan mengunjungi lokasi yang mana.

Rencana tertulis juga bisa menjadi pegangan selama berada di lokasi. Kadang karena satu tempat terlalu bagus, lalu terlena dan tak segera beranjak ke tempat lainnya karena lupa dengan rencana yang sudah dibuat. Dengan selembar kertas, mana saja yang harus dituju tentu sudah terbayang dan jadikan itu sebagai pedoman.

Beli Buku Atau Perbanyak Browsing

sumber foto: freepik.com

Jika memang sangat buta dengan kondisi lokasi yang dituju, beli saja majalah atau buku panduan wisata. Dengan buku ini kamu bisa menentukan kira-kira lokasi mana yang akan dituju di tempat liburan. Namun sekarang tak melulu harus membeli buku panduan, karena informasi tentang sebuah kota juga bisa didapatkan dengan mudah lewat internet.

Perbanyak browsing dan jangan segan membuka blog traveler dan media sosial. Akun informasi yang ada di Twitter atau Instagram bisa memberikan banyak bantuan buat kamu untuk menentukan bakal liburan ke mana saja. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar tidak buta arah ketika sudah sampai di tempat tujuan. Selamat berlibur.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • Youkiles wanimbo

    Selamat malam buat kawan-kawan,Berdikari Online bagikan informasi buat bela nusantara, karena kondisi atau fenomena apa yang sedang terjadi di Negara kita. Dan mungkin kami terlalu percaya dengan orang asing kah atau budaya eropa lebih bagus dari pada budaya nusantara maka kami sebagai orang- orang timur lebih menyakini kultur cargo asing dan budaya eropa maka negara kita jadi uruh arah ini kwn- kwn salam kompak semua berdikari tetap kita maju bersama dan bela kebenaran nusantara siapa tidak bersama berdikari ia melawan alam dan tuhan!!!! “pribadi aku sangat bangga buat berdikari.”