Meloncat Dari Balkon Parlemen Untuk Menentang Kebijakan Neoliberal Pemerintah

Parlemen Rumania membatalkan pemungutan suara setelah seorang pria meloncat dari balkon parlemen saat memprotes kebijakan penghematan pemerintah.

Sebuah bunyi keras bergema di ruangan setelah Adrian Sobaru, yang diidentifikasi sebagai seorang teknisi di perusahaan TV milik negara, menghantam bangku hanya beberapa saat setelah Perdana Menteri Rumania, Emil Boc, mendapat sambutan dari anggota parlemen.

Media setempat melaporkan bahwa Adrian Sobaru tidak mengalami luka yang cukup serius. Namun Mr Boc terlihat terkejut dan buru-buru menghindar dari Sobaru, bersama dengan anggota parlemen lainnya, sebelum pemimpin sidang Mircea Geoana membatalkan sesi itu.

Rumania sedang terjatuh dalam resesi mendalam. Pemerintah baru-baru ini memangkas upah pekerja sektor publik lebih dari seperempat dan menaikkan pajak dari 19% menjadi 24%.

Ekonomi negara diperkirakan akan turun 2 persen tahun ini, setelah jatuh 7,1% pada tahun 2009.

Sebuah foto memperlihatkan Sobaru berdiri di atas balkon yang tingginya 25 meter di atas ruang rapat, sebelum ia memutuskan untuk melompat.

Gambar itu juga memperlihatkan bahwa Sobaru mengenakan kaos warna putih, bertuliskan kata-kata; “Anda telah menikam kami. Anda telah membunuh masa depan anak kami..kebebasan!”

Kalimat pertama mengacu kepada pernyataan Presiden Traian Basescu, yang selama kampanye pemilu tahun 2009 mengatakan, “Saya telah membunuh mereka”, kata terkenal yang digunakan film Rumania.

Petugas medis mengangkut korban keluar dengan mempergunakan tandu, dan dibawa ke rumah sakit Universitas. Petugas medis menyatakan bahwa Sobaru hanya menderita luka di wajah dan luka ringan lainnya. Dia sedang menjalani operasi dan konseling psikologis.

Akibat aksi Sobaru tersebut, pihak parlemen membatalkan sidang memutuskan suara mengenai pemotongan anggaran publik. (Rh/MS)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut