Mau Berkantor Di Surabaya, SBY Dihadang Demonstran Bertopeng Babi

Meski hanya berencana berkantor selama tiga hari di Surabaya, tetapi kedatangan Presiden di kota pahlawan ini disambut aksi protes oleh ratusan rakyat miskin dan mahasiswa.

Penampilan demonstran cukup unik dalam aksi ini, yaitu menggunakan topeng bergambar babi, yang berusaha menggambarkan kesamaan praktik kebijakan SBY dengan penyakit flu babi.

Demonstran menganggap SBY telah membunuh rakyat miskin Indonesia dengan kebijakan neoliberalnya. SBY juga dianggap suka berbohong, terutama karena telah mengingkari janjinya untuk mengentaskan kemiskinan.

Aksi dimulai sejak jam 10 pagi waktu setempat. Massa berkumpul sekitar Hotel Cendana dan bergerak menuju gedung Grahadi dengan berjalan kaki.

Namun, sekitar 300 meter dari gedung grahadi, massa dihadang oleh barikade pasukan kepolisian dan PHH. Polisi mengancam akan membubarkan paksa massa aksi jika tetap berusaha merengsek maju.

Meskipun sejumlah negosiator yang dipimpin oleh Ketua PRD Surabaya, Samirin, berusaha mendesak polisi agar membuka barikade, tetapi polisi tetap pada pendiriannya untuk menutup ruang gerak massa aksi.

Koordinator aksi ini, Agustinus, menegaskan bahwa pemerintahan SBY telah gagal dalam menjalankan agenda pengentasan kemiskinan.

Disamping itu, tambah Agustinus, SBY juga tidak punya itikad baik untuk menghentikan penggusuran pemukiman rakyat, melindungi sektor informal, dan mewujudkan pendidikan dan kesehatan gratis bagi rakyat.

Mereka juga mempertanyakan kebiasaan SBY untuk mengutang kepada negeri-negeri imperialis, karena akan semakin membebani ekonomi nasional dan juga rakyat Indonesia di masa depan.

Aliansi Rakyat Miskin (Raskin) Surabaya merupakan gabungan dari Partai Rakyat Demokratik (PRD), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), Gerakan Waria Indonesia (GWI), Organisasi Stren Kali (Orasek), Paguyuban Warga Stren Kali Surabaya (PWSS), dan Urban Poor Consortium (UPC).

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Tags:
  • Hinu Endro Sayono

    Ngantor di Yogyakarta, ada Gedung Agung.
    Beruntunglah gak kelamaan, kalau tidak kan didemo….

    Sekarang ke Surabaya, ada Grahadi dan rujak cingur.

    Ke Mentawai …..enggak.
    Mungkin karena tidak ada akomodasi yang setingkat istana.

  • pius apenobe

    maju terus,,,,
    tahun 2011 adalah tahun untuk membongkar segala kebohongan SBY.
    sekali maju berarti tidak ada kata mundur untuk kita.
    selamat berjuang demi kesejahteraan rakyat.
    salam perjuangan.

  • mercy

    trust semangat demi menegakan keadilan,,,dan perjuangkan rakyat kecil,,,dan kaum kaum waria yang tertindas.tolon buka mata dan telinggah yg lebar dengarkanlah keluhan rakyat kecil jgn tidur aja dong,,,,percuma dech bayar pajak…