Marlo Sitompul: SRMI Akan Aksi Serentak Di 19 Kota Di Indonesia

JAKARTA: Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) akan menggelar aksi serentak di 11 provinsi dan 19 kota di Seluruh Indonesia esok hari, Kamis (8/7). Kota-kota yang dimaksud, antara lain, Medan, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jakarta, Garut, Tasik, Salatiga, Purwekerto, Yogyakarta, Surabaya, Pamekasan, Blitar, Makassar, Kupang, Surabaya, Ternate, Palu, Kendari, Lombok Tengah, dan Bima.

Hal ini disampaikan Ketua Umum SRMI Marlo Sitompul saat mengunjungi redaksi Berdikari Online, Rabu (7/7) siang tadi.

Di Jakarta, aksi akan dipusatkan di depan Istana Negara, sekitar pukul 10.00 WIB. Jumlah massa diperkirakan akan diikuti ribuan orang, sebagian besar ibu-ibu kaum miskin dari berbagai tempat di Jakarta.

Dalam aksi besok, SRMI akan membawa empat tuntutan pokok rakyat miskin Indonesia kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu merubah kriteria miskin versi BPS, perbesar anggaran subsidi pendidikan untuk rakyat miskin, batalkan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), dan batalkan rencana pencabutan subsidi BBM.

Keempat tuntutan ini, kata Marlo, merupakan aspirasi rakyat yang diperoleh melalui konsultasi langsung, melalui pembagian angket dan pengumpulan  tandatangan di sejumlah kota besar di Indonesia.

Marlo menyatakan bahwa target aksi ini adalah mendesak Presiden SBY untuk menjalankan empat tuntutan pokok rakyat tersebut, terutama soal kriteria miskin versi BPS yang sangat bermasalah.

Ditanyakan soal bentuk aksi, Marlo menjelaskan, untuk aksi yang diselenggarakan di Jakarta, mereka akan membuat semacam karnaval dan aksi teatrikal. Di daerah, aksi juga akan dilakukan dengan berbagai variasi aksi yang menarik dan simpatik.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • Prihandoyo Kuswanto

    Indonesia sekarang bukan Indonesia yang di Merdeka kan oleh Founding Father 17 Agustus 1945, Indonesia sekarang adalah Indonesia yang dipimpin oleh antek-antek NEOLIB, jangan kan rakyat jelata wong Megawati saja ngak berani melawan nya ?

  • basori

    sudah saatnya semua ini di serahkan ke tangan rakyat pribumi, sudah sekian lama kita tertindas di negri sendiri, hidup kita semakin tersisihkan oleh orang2 yang hanya mementingkan UANG darispada kesejahteraan rakyat pribumi.