Maradona Minta Obama Bebaskan Lima Pejuang Kuba

Bintang sepak bola dunia, Diego Armando Maradona, menuntut Presiden AS Barack Obama segera membebaskan lima pejuang kuba yang ditahan di penjara Amerika Serikat.

Cuban five, demikian rakyat Kuba menamai kelima pejuang itu, ditahan di penjara Amerika Serikat sejak tahun 1998. Kelima pejuang kuba itu adalah Gerardo Hernández, Antonio Guerrero, Ramón Labañino, Fernando González, dan René González.

Dalam suratnya kepada presiden AS itu, bekas pelatih tim nasional Argentina itu menegaskan bahwa Obama punya kesempatan untuk mengubah sejarah hubungan antara AS dan Kuba.

Maradona menambahkan, keseluruhan Amerika Latin terlihat berharap kepada Obama dan percaya bahwa dia akan memahami fakta-fakta itu.

Menurut pihak kedutaan Kuba, Maradona telah bergabung dengan tuntutan internasional untuk mengakhiri ketidakadilan dan penjara 13 tahun disertai penyiksaan dan ketidakadilan.

Pihak berwenang Amerika Serikat sendiri tidak pernah memperlihatkan bukti-bukti kejatahan sebagaimana yang dituduhkan kepada lima pejuang Kuba itu.

Selain Maradona, bergabung pula peraih nobel Argentina, Adolfo Perez Esquivel; Hebe de Bonafini, aktivis dan sekaligus pendiri gerakan ibu-ibu the Plaza de Mayo; Estela de Carlotto, aktivis HAM argentina dan pemimpin gerakan Grandmothers of the Plaza de Mayo.

Selain itu, ada pula dukungan dari Leandro Despouy, editor senior “The Nation”, dan sejumlah anggota parlemen, pemimpin politik, gerakan sosial, intelektual, dan berbagai kelompok masyarakat lainnya.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut