Mahasiswa Tuban Bergerak Melawan WTO

Sejumlah organisasi kemahasiswaan di Kabupaten Tuban menggelar demontrasi menolak diselenggarakannya konferensi World Trade Organization (WTO) di Bali, Rabu (04/12/2013).

Aksi massa menolak pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), yang saat ini sedang berlangsung di Bali dari tanggal 3-6 Desember 2013, masih berlangsung di berbagai daerah.

Di Tuban, Jawa Timur, aksi massa menentang WTO juga digelar oleh puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Tuban. Mereka berasal dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) , Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), dan dan BEM Universitas Sunan Bonang.

Aksi massa mahasiswa Tuban ini diawali dari depan gedung KNIP dan kemudian berjalan kaki menuju kantor DPRD. Di sepanjang jalan mahasiswa berorasi mengenai bahaya WTO bagi kepentingan rakyat Indonesia.

“Kita harus menolak pertemuan WTO di Bali karena akan merugikan sektor pertanian kita melalui pencabutan subsidi bagi petani,” kata Zainal, seorang orator dalam orasinya.

Dalam orasinya Zainal juga mendesak rezim SBY segera membatalkan semua agenda perdagangan bebas, seperti Free Trade Agreement (FTA) yang melibatkan Indonesia di dalamnya. Ia juga menuntut Indonesia segera keluar dari keanggotaan WTO.

Saat menggelar aksinya di kantor DPRD Tuban, massa aksi merasa kecewa karena mayoritas anggota parlemen sedang melakukan Bimtek ke Bandung. Mereka hanya ditemui oleh perwakilan Sekretariat DPRD Tuban.

Saeun Mu’arif

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut