Mahasiswa Riau Gelar Aksi Solidaritas Untuk Palestina

Riau.jpg

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Masyarakat Riau untuk Palestina menggelar aksi di depan kantor PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Rumbai, Pekanbaru, Selasa (15/7/2014).

Dalam aksinya, massa aksi mengutuk agresi militer Israel terhadap Palestina. Tidak hanya itu, mereka juga menyatakan solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Terkait sasaran aksi di depan kantor Chevron itu, Koordinator Aliansi Solidaritas Masyarakat Riau untuk Palestina, Toni, menjelaskan, “Chevron merupakan salah satu perusahaan yang menjadi penyokong zionisme Israel.”

Ia menjelaskan, konflik Israel dan Palestina bukanlah konflik agama, tetapi juga masalah hukum, HAM, dan politik internasional. Ia menyesalkan sikap Dewan Keamanan PBB yang terkesan diam atas agresi militer Israel tersebut.

“Dewan Keamanan PBB gagal menetapkan sebuah resolusi yang menghukum Israel sebagai pelaku kejahatan kemanusiaan,” terangnya.

Dalam orasinya, ia mendesak pemerintah Indonesia untuk bergerak cepat mendesak PBB untuk menekan Israel agar menghentikan agresinya ke Palestina.

Massa aksi juga menyerukan pemboikotan terhadap berbagai produk dari Israel-Amerika Serikat. Selain itu, mereka juga menyerukan pengusiran terhadap PT. Chevron dari bumi Indonesia.

Selain menggelar orasi-orasi, massa aksi juga membakar bendera Israel, AS, dan Chevron. Setelah itu, mereka menggelar sholat ghoib secara berjamaan untuk mendoakan rakyat Palestina.

Organisasi yang tergabung dalam ALiansi Solidaritas Masyarakt Riau untuk Palestina ini, antara lain: LMND Riau, SRMI Kampar, BEM Se-Riau, HMI MPO, HMI DIPO, KAMMI Riau, dan lain-lain.

Aksi serupa juga berlangsung di Bengkalis. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam  Aliansi Mahasiswa Bengkalis Peduli Palestina (AMBPP) menggelar aksi solidaritas untuk rakyat Palestina.

Mereka menggelar aksinya di Persimpangan Lampu merah jalan utama di Kota Bengkalis. Dalam aksinya, massa aksi mengutuk agresi Israel terhadap Palestina. Tak hanya itu, mereka juga mendesak Presiden SBY untuk bersikap terbuka mengecam agresi militer Israel terhadap Palestina.

“Presiden SBY mewakili rakyat Indonesia harus segera menyatakan sikap mengecam tindakan agresi Israel kepada rakyat Palestina,” kata Ulfa, seorang aktivis dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND).

Ulfa Ilyas

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut