Mahasiswa NTT Tuntut Penyelesaian Persoalan Pendidikan

Ratusan massa aksi Aliansi Rakyat Peduli Pendidikan Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar aksi massa di kantor DPRD NTT, Selasa (3/7/2012). Mereka menuntut penyelesaian berbagai persoalan pendidikan di daerah itu.

Salah satu persoalan yang diungkapkan oleh mahasiswa adalah kejelasan status Program Studi Biologi FKIP Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW). “Ketidakjelasan status itu menyebabkan program studi Biologi FKPIP UKAW tidak terakreditasi oleh Dikti,” ujar Ketua Senat mahasiswa UKAW, Wanandi Kananbu, di Kupang (3/7/2012).

Menurut Wanandi, pihaknya sudah berusaha membahas persoalan ini dengan pihak rektorat di kampus, namun tidak menemukan adanya titik terang. Ia meminta DPRD segera memediasi pertemuan antara pihak rektorat, yayasan, pemerintah dan mahasiswa untuk membahas persoalan ini.

Selain itu, mahasiswa juga menyoroti sistim pendidikan nasional saat ini. Bagi mahasiswa, sistem pendidikan sekarang sangat mementingkan profit (keuntungan). “Pendidikan saat ini sangat mahal. Sudah begitu, hasilnya tidak bermutu dan berkualitas,” katanya.

Mahasiswa juga menganggap penyelenggaraan pendidikan sekarang ini sudah melenceng jauh dari semangat pembukaan UUD 1945, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Aksi massa ini disambut oleh seorang anggota DPRD, Anselmus Tallo. Ia menjanjikan akan mempertemukan mahasiswa, pemerintah, universitas, yayasan, dan dinas pendidikan setempat.

Aliansi Rakyat Peduli Pendidikan NTT ini merupakan gabungan dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Senat FKIP UKAW, Front Mahasiswa Nasional (FMN), Imala, dan Kemmas.

Alberto Maia

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut