Mahasiswa Mogok Makan Menolak PT.RAPP Memasuki Kepulauan Meranti

Empat orang mahasiswa dari Posko Perjuangan Rakyat Miskin (PPRM) dan Ampel menggelar aksi mogok makan, hari ini (29/3), untuk mendesak DPRD Riau segera mengesahkan pembentukan Pansus HTI.

Keempat mahasiswa yang melakukan mogok makan adalah Zulkifli, Hasbin Putra, Zolihuddin, Mu. Abduh. Aksi mogok makan ini berlangsung di sebuah posko yang berada di depan kantor DPRD.

Kepada Berdikari Online, Zulkifli, salah seorang peserta mogok makan, menjelaskan bahwa mogok makan ini merupakan respon atas usaha PT.RAPP untuk memaksakan masuknya alat-alat berat ke Pulau Padang, Kepulauan Meranti.

“PT.RAPP telah memaksakan masuknya alat berat berupa eskavator ke desa-desa, meskipun para petani telah menyatakan penolakan. Kami meminta agar usaha-usaha PT.RAPP ini segera dihentikan,” kata Zulkifli.

Selain itu, lanjut Zulkifli, aksi mogok makan ini menuntut agar Presiden SBY segera mencabut SK Menhut nomor 327 tahun 2009 karena menjadi legitimasi bagi PT.RAPP untuk merampas tanah rakyat di kepulauan meranti.

Belum ada jadwal resmi sampai kapan mogok makan ini berlangsung, tetapi para mahasiswa menyebutkan bahwa mereka akan mogok makan hingga DPR segera membentuk Pansus HTI.

Rencananya, pada 5 April mendatang, DPRD akan mengadakan paripurna untuk membahas usul pembentukan Pansus HTI ini. “DPRD harus memihak pada perjuangan rakyat untuk pembentukan pansus ini.”

Tambahan peserta mogok makan

Besok pagi, kekuatan peserta mogok makan ini akan bertambah, karena beberapa mahasiswa telah menyatakan siap bergabung dalam aksi ini.

Meskipun begitu, belum diketahui berapa jumlah pasti dari peserta mogok makan tambahan ini. “Yang pasti, besok akan ada tambahan peserta mogok makan. Kemungkinan dua orang lagi,” kata Zulkifli.

Jika nantinya tuntutan peserta aksi tetap tidak dipenuhi, maka mereka akan menurunkan jumlah massa yang lebih besar. “Kami tidak punya pilihan lain, selain melakukan perlawanan sebesar-besarnya dan sehormat-hormatnya,” tegasnya.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut