Mahasiswa Jember Demo Kunjungan Presiden SBY

Demo.jpg

Puluhan mahasiswa Jember, Jawa Timur, yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jember, menggelar aksi massa saat kunjungan Presiden SBY melalui kota Jember menuju Bondowoso, Rabu (31/7/2013).

Namun, aksi mahasiswa ini diblokade oleh aparat kepolisian. Pemblokadean itu berlangsung di kawasan pertokoan di dekat kampus Universitas Jember (UNEJ). Pihak Kepolisian berdalih, aksi mahasiswa tersebut tidak mendapat ijin dari pihak kepolisian.

Pemblokadean ini berlangsung hingga iring-iringan Presiden SBY melintasi kota Jember menuju Bondowoso sekitar pukul 16.00 WIB. Alhasil, mahasiswa pun tidak berhasil menyampaikan aspirasi kepada Presiden SBY.

“Kami hanya mau menyampaikan aspirasi kepada Presiden SBY terkait penolakan kenaikan harga BBM dan BLSM yang tidak mendidik Rakyat, “ujar Koordinator Aksi, Kurniawan Adiputra.

Dalam aksinya, mahasiswa membawa sejumlah tuntutan kepada Presiden SBY, yakni nasionalisasi aset negara untuk kedaulatan rakyat indonesia, reformasi pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, pencabutan program BLSM, dan tuntutan mewujudkan kemandirian ekonomi rakyat.

Namun, karena aksinya dihadang, mahasiswa pun tidak sempat menyampaikan tuntutan. Mereka menyesalkan proses penjagaan aparat keamanan, baik TNI maupun Polri, yang terlalu berlebihan.

“Kami hanya mau menyampaikan tuntutan terkait carut-maruknya kondisi bangsa, tetapi kami dihalang-halangi. Bahkan, berorasi di pinggir jalan pun kami tidak dibolehkan,” kata Kurniawan.

Aliansi Mahasiswa Jember sendiri merupakan gabungan dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (IMM), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Sebelumnya SBY mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (PTI) di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tak hanya itu, Presiden juga mengunjungi PT Mitra Tani 27. Lalu bersama rombongan melakukan safari ramadan ke Pendopo Bupati Bondowoso untuk buka bersama warga di sana.

Rakhmad Nurfathoni Arifiyanto

 

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut