Mahasiswa Chile Kepung Gedung Parlemen

Sebuah gerakan protes baru kembali diorganisir oleh gerakan mahasiswa dan sejumlah gerakan sosial di Chile. Mereka menggelar aksi massa ke kota Valparaiso, sekitar 74.5 mil dari Santiago, dan mengepung gedung parlemen nasional di kota itu.

Aksi itu bertepatan dengan dimulainya pembahasan mengenai anggaran tahun 2012. Sehubungan dengan hal itu, para pemimpin gerakan mahasiswa dan gerakan sosial telah menggelar pertemuan dengan anggota parlemen dari partai-partai oposisi.

Mahasiswa dan berbagai gerakan sosial itu bernaung dibawah sebuah koalisi bernama “Gerakan Sosial untuk Pendidikan Chile”. Para pemimpin gerakan mahasiswa dan gerakan sosial mendesak anggota parlemen dari oposisi untuk memblokir rencana-rencana untuk melanjutkan privatisasi pendidikan.

Sedikitnya 15.000 mahasiswa dan gerakan sosial berpartisipasi dalam gerakan protes kali ini. Para professor dan dosen juga menggabungkan diri dalam protes yang sudah bermula sejak bulan mei lalu ini.

Para mahasiswa dan pengajar berkeyakinan bahwa pemerintah akan ngotot membawa proposal privatisasi dalam pembahasan anggaran ini. Meskipun hal tersebut berarti mengabaikan suara 80% rakyat Chile yang menghendaki pendidikan gratis.

Demo yang semula berjalan damai ini, tiba-tiba berubah menjadi bentrokan. Sejumlah mahasiswa berusaha membalas tembakan gas air mata dan semprotan air oleh pihak kepolisian. Polisi melepaskan sejumlah “anjing pelacak” untuk mengejar mahasiswa. Tetapi mahasiswa membalas dengan potongan kayu dan lemparan batu.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut