LMND Surabaya Tolak RUU Kamnas

Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) menggelar aksi massa di depan Grahadi Surabaya, kamis (24/10/2012). Mereka menyuarakan penolakan terhadap RUU Keamanan Nasional (Kamnas).

Selain membawa sejumlah poster berisikan tuntutan, massa aksi juga membawa sebuah becak sebagai properti aksi. “Ini merupakan bentuk ekspresi penolakan kami terhadap RUU Kamnas. Ingat, RUU Kamnas ini akan melindas demokrasi,” teriak seorang orator di sela-sela aksi.

Ketua LMND Surabaya Johanes Karel Kasihiuw menjelaskan, banyak sekali pasal-pasal di dalam RUU Kamnas ini yang berlawanan dengan demokrasi dan hak azasi manusia. Ia merujuk pada pasal 54 huruf (e) yang memberi kewenangan untuk menyadap, menangkap, memeriksa, dan memaksa.

Selain itu, ujar Johanes, pada pasal 17 (4) ada ketentuan bahwa ancaman potensial dan non-potensial akan diatur oleh Kepres. “Di sini, rezim berkuasa bisa menggunakan RUU Kamnas sebagai senjata untuk menghabisi oposisi dan aksi-aksi protes,” tegasnya.

Johanes mencurigai, pengesahan RUU Kamnas ini sejalan dengan kepentingan rezim neoliberal SBY-Budiono untuk meliberalkan dan mengundang sebanyak-banyaknya korporasi asing untuk mengeruk kekayaan alam Indonesia.

Semangat itu, katanya,  sangat terlihat dalam ambisi rezim SBY-Boedono mempercepat pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I). “Proyek MP3I itu tak lebih sebagai bentuk pemetaan potensi kekayaan alam Indonesia agar gampang dijarah korporasi asing,” tegasnya.

Menurut Johanes, RUU Kamnas sangat potensial dipergunakan sebagai payung hukum untuk mengarahkan militer sebagai penjaga kepentingan korporasi asing. Dengan demikian, RUU Kamnas pun sangat berpotensi dipergunakan untuk menindas perlawanan petani yang menolak tanahnya dicaplok perusahaan.

Oleh karena itu, dalam aksinya, LMND menyerukan agar gerakan pro-demokrasi dan anti-imperialis berbaris bersama menentang RUU Kamnas.

Kamaruddin Koto

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut