LMND Pagar Alam Gelar ‘Malam Solidaritas’ Untuk Hugo Chavez

Lilin untuk mengenang perjuangan Comandante Hugo Chavez (Ilustrasi)

Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggalkan kesan tersendiri bagi pejuang pembebasan di Indonesia. Bagi mereka, Hugo Chavez telah menjadi inspirasi penting dalam perjuangan melawan kapitalisme dan imperialisme.

Di Pagar Alam, Sumatera Selatan, lebih dari 60-an aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) menggelar “Malam Solidaritas” untuk Presiden Venezuela Hugo Chavez, Jumat (15/3).

Acara “Malam Solidaritas” itu digelar di Alun-Alun kota Pagar Alam. Sekitar pukul 19.00 WIB, para aktivis LMND sudah berkumpul dan membuat lingkaran besar di tengah Alun-Alun.

“Hugo Chavez adalah contoh pemimpin yang berani melawan hegemoni kapitalisme dan imperialisme global. Di tengah penjajahan gaya baru di negeri kita, sosok Chavez bisa jadi inspirasi,” kata Ketua LMND Pagar Alam, Martha Wahyu Dinata, saat memulai acara.

Menurut Wahyu, selain sikap anti imperialisme dan kapitalisme, Chavez juga menjalankan model pembangunan ekonomi yang bertumpu pada pembangunan manusia dan kesejahteraan rakyat.

“Venezuela negeri yang kaya minyak. Di jaman rezim neoliberal di sana, kekayaan minyak itu mengalir keluar melalui perusahaan asing. Begitu Chavez berkuasa, kekayaan minyak itu digunakan untuk membiayai pendidikan, perumahan, kesehatan, sembako, dan kebutuhan rakyat lainnya,” kata Wahyu.

Dalam acara ini, aktivis LMND membacakan testimoni mengenai Comandante Hugo Chavez. Selain itu, mereka juga menggelar diskusi bersama mengenai Chavez dan warisannya terhadap dunia.

Selain dihadiri aktivis LMND, sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus di Pagar Alam, seperti STKIP Muhammadiyah dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pagar Alam, juga hadir. Mereka ingin mengenal lebih juah soal Chavez dan perjuangannya.

Fuad Kurniawan

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut