LMND Kupang Desak Presiden Jokowi Tegas Terhadap Freeport

LMND NTT (3)

Ketidaktegasan pemerintahan Jokowi-JK dalam menghadapi perusahaan asal Amerika Serikat, PT Freeport, terus menuai kecaman dari berbagai sektor sosial.

Di Kupang, Nusa Tenggara Timur, belasan aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) menggelar aksi protes di taman patung Sombai Kupang, Senin (9/2/2015).

Dalam aksinya mereka menggotong wayang kertas bergambar wajah Presiden Jokowi. “Ini adalah perlambang pemerintahan Jokowi-JK tunduk kepada kepentingan perusahaan asing,” kata koordinator aksi, Amro Kono, dalam orasinya.

Menurut Amro, keputusan pemerintahan Jokowi-JK memperpanjang nota kesepahaman dengan Freeport sebagai bukti ketidakberdayaan pemerintah Indonesia di hadapan korporasi asing.

“Ini memperlihatkan bahwa pemerintahan Jokowi-JK gagal menegakkan kedaulatan politik bangsa Indonesia di hadapan perusahaan asing,” kata Amro.

Hal senada diungkapkan oleh Sekretaris LMND Kota Kupang, Wilhelmus Nominong Malli. Menurut dia, kehadiran PT Freeport di Indonesia terbukti membawa banyak kerugian, seperti pembagian keuntungan yang tidak adil, kerusakan ekologis, pelanggaran HAM, dan lain sebagainya.

Ia mendesak pemerintahan Jokowi-JK konsisten dengan janji kampanyenya untuk menegakkan Trisakti. Karena itu, sebagai basis awalnya, LMND kota Kupang mendesak pemerintahan Jokowi-JK tidak memperpanjang kontrak karya PT Freeport.

Selin Marthinus

——

Kunjungi website LMND di http://www.lmnd.or.id

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut