LMND dan SRMI Serukan Ganti Haluan Ekonomi

Sedikitnya 50-an massa aksi dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) menggelar aksi massa di depan Gedung Grahadi Surabaya, Kamis (13/12/2018).

Mereka menyerukan perlunya Indonesia mengganti haluan ekonominya, dari liberal-kapitalistik menjadi ekonomi pasal 33 UUD 1945. Sebab, selama lebih dari setengah abad mengadopsi haluan ekonomi liberal dan kapitalistik, Indonesia justru menjauh dari cita-cita masyarakat adil dan makmur.

“Selama setengah abad, ekonomi Indonesia bergantung pada modal asing, menggadaikan sumber daya alam, dan tunduk pada mekanisme pasar,” kata koordinator aksi, Ari Wahyudi.

Menurut Ari, di bawah pemerintahan Jokowi-Yusuf Kalla, road map kebijakan ekonomi belum terlihat mengarah pada Trisakti.

“Faktanya, industrialisasi yang dijalankan oleh Jokowi-JK masih berbasis investasi asing. Juga masih bergantung pada impor,” terangnya.

Dia menjelaskan, karena sebentar lagi Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu, maka penting bagi setiap pasang Capres dan Cawapres untuk ditagih komitmennya terkait kebijakan ekonomi berbasis pasal 33 UUD 1945.

“Selama beberapa waktu ini, para capres yang akan bertarung masih belum memberikan gambaran visi ekonomi yang jelas sesuai UUD 1945,” paparnya.

Dia menegaskan, untuk mewujudkan ekonomi pasal 33 UUD 1945, maka perlu untuk mendorong reforma agraria.

“Yang terpenting dalam reforma agraria, bukan bagi-bagi sertifikat, tetapi redistribusi tanah agar berkeadilan sosial,” tegasnya.

Selain itu, dia mendesakkan pajak progressif untuk mengurangi ketimpangan ekonomi yang disebabkan oleh kebijakan ekonomi liberal-kapitalistik.

Selanjutnya, dia mendesak Indonesia punya strategi industrialisasi yang jelas, yang dimulai dari pembangunan industri dasar dan industri olahan hasil sumber daya alam.

Dalam aksinya, massa aksi LMND dan SRMI membentang huruf-huruf yang bertuliskan “Menangkan Pancasila” tepat di depan pagar Gedung Grahadi.

Hendraven Saragih

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut