LMND dan SRMI Kendari Bersolidaritas Untuk Petani Jambi

LMND-SRMI-Kendari

Puluhan aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) menggelar aksi solidaritas untuk perjuangan petani Jambi, Kamis (13/12).

Aksi massa ini digelar di kantor Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sulawesi Tenggara. Mereka mengecam kebijakan Kementerian Kehutanan yang telah menindas rakyat, termasuk petani di Jambi.

“Kami mendesak agar Kementerian Kehutanan segera memenuhi tuntutan petani Jambi. Kalau tidak, kami akan terus menggelar aksi massa dan menuntut agar Menhut Zulkifli Hasan segera dicopot,” kata Ketua SRMI Kendari, Hasrun.

Menurut Hasrun, jika mengacu pada pasal 33 UUD 1945, maka pengelolaan hutan di Indonesia mestinya memprioritaskan rakyat. Tetapi, dalam kasus petani Jambi, Menhut Zulkifli Hasan justru mati-matian membela perusahaan.

Dalam aksinya, aktivis LMND dan SRMI juga menyatakan dukungan terhadap aksi petani melakukan jalan kaki (long-march) sejaruh 1000 kilometer (Jambi ke Jakarta). “Ini adalah bentuk perjuangan yang militant dan gagah berani. Kami berharap, petani Jambi bisa menuntaskan perjuangan ini dan meraih kemenangan,” tutur Hasrun.

Untuk menarik perhatian rakyat banyak, aktivis LMND dan SRMI ini menggelar aksi teatrikal. Mereka berusaha menunjukkan kepada masyarakat kendari, khususnya pengguna jalan, tentang penderitaan petani Jambi.

Tak hanya itu, mereka juga membagi-bagikan selebaran berisi bukti-bukti kejahatan kebijakan Menhut Zulkifli Hasan di wilayah Sulawesi Tenggara.

Wiwin Irawan

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut