Musyawarah Pemuda Pergerakan Hasilkan Beberapa Kesepakatan

Senin, 30 Mei 2011 | 17:57 WIB 1 Komentar | 212 Views

Musyawarah Pemuda Pergerakan

Musyawarah Pemuda Pergerakan yang diselenggarakan di Gedung Juang, Jakarta, siang tadi (30/1) menghasilkan empat kesepakatan pokok.

Keempat kesepakatan itu adalah: pertama, menyepakati adanya satu platform perjuangan, yaitu merebut kembali kedaulatan rakyat dengan menghentikan kekuasaan SBY-Budiono yang pro-nekolim melalui gerakan rakyat dan menjadikan Pancasila sebagai landasan perjuangan.

Kedua, menyatukan gerakan massa secara nasional dengan membentuk alat perjuangan, yakni melalui persatuan gerakan nasional.

Ketiga, menjadikan 1 Juni dan 5 Juni sebagai momentum nasional gerakan anti-kolonialisme. Dan keempat, untuk menyusun langkah pergerakan berikutnya maka dibentuklah tim perumus.

Kesepakatan ini dicapai setelah melalui diskusi selama setengah hari, dengan melibatkan perwakilan pemuda dari Jakarta, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, Banten, Kalimantan Timur, dan Sumatera Selatan.

Selain dihadiri sejumlah aktivis muda, musyawarah pergerakan ini juga dihadiri oleh sejumlah aktivis angkatan tua dan pensiunan militer. Salah satu pensiunan militer yang hadir adalah Laksamana Purn. Slamet Subijanto, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal).

Menurut Agus Jabo Priyono, salah satu inisiator musyawarah pemuda ini, konsolidasi pemuda ini merupakan konsolidasi awal, yang nantinya akan disusul dengan konsolidasi-konsolidasi lanjutan baik di daerah maupun di pusat.

Selain itu, karena berbagai persoalan teknis dan hambatan yang bersifat politis, musyawarah pemuda pergerakan belum maksimal dalam menghimpun berbagai organisasi pemuda di nasional maupun di daerah. (Agus Pranata)

Tags:

  • saipul anwar

    tolong beri akses langsung untk srmi kec ke pusat srmi saya slah satu anggota srmi yg bru bergabung n siap merebut kembali kedaulatan bangsa n mengembalikan rakyat indonesia kebingkai demokrasi pancasila

FeedBerlangganan Via RSS FEED

Info Artikel Terbaru Via Surel :