Korea Utara Hanya Membalas Provokasi Korea Selatan

Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) menegaskan bahwa pihaknya hanya membalas provokasi yang dilakukan pihak korea selatan dengan menembakkan sejumlah peluru altileri di perairannya.

Pernyataan ini disampaikan kantor berita KCNA yang mengutip siaran pers komando tinggi Tentaraa Rakyat Korea, bahwa Korea Selatan melancarkan aksi di sekitar barat laut kepulauan Yonphyong pada pukul 13.00 waktu setempat.

Ditegaskan oleh komando militer Rakyat Korea bahwa provokasi militer datang dari usaha jahat Korea Selatan untuk menjaga baris batas laut utara, yaitu dengan mengirim kapal perang dengan dalih memantau kapal nelayan.

Meskipun Korea Utara berkali-kali membuat peringatan, tetapi Korea Selatan terus menerus memperburuk situasi di semenanjung Korea dengan menggelar provokasi militer dengan dalih latihan militer (hoguk).

Pasukan bersenjata Korea Utara merespon provokasi tersebut dengan melancarkan serangan fisik secara langsung.

Pihak militer Korea Utara menegaskan bahwa pihanya tidak akan ragu untuk memulai serangan balasan jika Korsel berani menginvasi teritorialnya.

Rusia Serukan Hindari Konflik Militer

Rusia menyerukan Pyongyang dan Seoul agar menghentikan peningkatan eskalasi militer dan berhenti menembak satu sama lain setelah melakukan verifikasi terhadap korban peristiwa kemarin.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, meminta pihak yang memulai aksi untuk bertanggung-jawab atas insiden kemarin, dimana tembak-menembak terjadi antara dua Korea di dekat pulau Yeopyeong, yang menewaskan 1 orang dan melukai 13 lainnya.

Lavrov mengatakan bahwa ini merupakan bentrokan ketiga dalam tahun ini, dan Rusia sudah memperingatkan mengenai memburuknya situasi di Semenangjung Korea.

Rusia menyerukan kepada semua pihak untuk mencegah insiden ini menjadi konflik yang lebih besar, dan mendesak kepada semua pihak untuk turun menenankan pihak lain supaya tidak terjadi insiden lebih lanjut.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • matt

    thx…. informasinya agak berimbang..krn kalo baca media pada umumnya, rata-rata menyudutkan Korut nih….

  • wuna

    berita di media slalu memojokkan korut ,pejabat dan media indonesia terbeli politik militer amerika ,unung ada cina yang bantu korut