Koalisi Mahasiswa Desak DPR Dukung Pilgub Lampung Sesuai Jadwal

Sejumlah perwakilan mahasiswa dari Koalisi Pro Demokrasi mendatangi DPR-RI, kemarin (13/12). Mereka mendesak agar DPR mendukung pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung sesuai jadwal, yakni 2013.

“Suksesi kepemimpinan melalui Pilgub Lampung pada tahun 2013 tetap wajib dilaksanakan dan tidak boleh ditunda-tunda atas alasan politis yang tidak berhubungan dengan kepentingan rakyat,” kata Edy Agus Yanto, salah seorang perwakilan Koalisi Pro-Demokrasi.

Menurut Edy, aturan hukum pelaksanaan Pilgub Lampung harus mengacu pada UU nomor 32 tahun 2004 junto UU nomor 12 tahun 2008. Disamping itu, KPU sendiri sudah mengagendakan pelaksanaan Pilgub tahun 2013 mendatang.

Koalisi mahasiswa mendesak agar DPR segera membatalkan kesepakatan antara pihak Gubernur Lampung saat ini dengan Dirjen Otoda Kemendagri dan KPU, yang telah dibuat tanggal 3 Desember 2012 lalu.

Koalisi Pro Demokrasi juga berencana menguji undang-undang (judicial review) pasal 233 UU No. 32/2004 jo UU No. 12/2008 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut mereka, pasal ini yang dijadikan senjata oleh pihak pemerintah untuk menunda-nunda waktu pelaksanaan Pilgub Lampung.

Menanggapi tuntutan ini, Ketua Komisi II DPR RI, Agun Gunanjar Sudarsah, berjanji akan memanggil semua pihak, seperti Kemendagri, KPU, dan Bawaslu, termasuk Koalisi Mahasiswa, untuk membahas hal ini dalam rapat dengar pendapat pada bulan Januari 2013 mendatang.

Selain mendatangi Komisi II DPR, Koalisi Mahasiswa juga mendatangi Fraksi-Fraksi Partai Politik di DPR untuk menggalang dukungan. “Fraksi Hanura, Fraksi PAN, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Demokrat sudah membubuhkan tanda tangan mendukung kami. Fraksi lainnya akan kami datangi besok,” kata Isnan Subkhi, Ketua LMND Lampung, yang turut dalam Koalisi Mahasiswa ini.

Saddam Cahyo

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut