Kiri Siap Berkuasa Di Portugal

Pemimpin partai sosialis Portugal, Antonio Costa, mengatakan partainya dan partai-partai berhaluan kiri di Portugal sudah bersepakat untuk membentuk pemerintahan.

“Kami sudah menginformasikan kepada Presiden bahwa kami sudah melakukan kontak dengan Partai Komunis dan Blok Kiri (Bloco de Esquerda/BE)…ada kondisi untuk membentuk pemerintahan dengan dukungan mayoritas di parlemen,” kata Costa, seperti dikutip Reuter, Rabu (21/10/2015).

Memang, jika partai sosialis berhasil merangkul Blok Kiri dan CDU (Koalisi Persatuan Demokratik), maka mereka berhasil menguasai 122 kursi dari 230 kursi di parlemen. Ini bisa menjadi modal politik untuk membentuk pemerintahan dengan dukungan mayoritas di parlemen.

Untuk diketahui, pada pemilu Portugal awal Oktober lalu, partai kanan tengah Partai Sosial Demokratik (PSD) berhasil memenangi pemilu dengan 38,6 persen suara atau meraih 107 kursi di parlemen. Namun, kemenangan PSD ini gagal mengantarkan koalisi Portugal à Frente (PàF) menjadi kekuatan mayoritas di parlemen.

Perolehan suara PSD melorot dibanding pemilu sebelumnya. Di pemilu tahun 2011, mereka meraih suara 50,4 persen dan merebut 132 kursi di parlemen. Hasil itu mengantarkan Pedro Passos Coelho sebagai Perdana Menteri.

Namun, seperti juga partai sayap kanan di Eropa pada umumnya, Coelho sangat neoliberal. Dia juga menerima semua paket kebijakan penghematan yang didiktekan oleh Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Di bawah pemerintahannya, angka pengangguran mencapai 14 persen. Sedangkan pengangguran di kalangan usia muda mencapai 35 persen. Tingkat kemiskinan tercatat 18 persen.

Akibat kebijakan penghematan, upah dan pensiun mengalami pemotongan luar biasa. Juga mendorong pengurangan jumlah tenaga kerja di sektor publik.

Sebaliknya, ketika berkampanye di pemilu, partai Sosialis berjanji akan mengakhiri kebijakan penghematan. Dia juga berjanji akan menaikkan pendapatan setiap rumah tangga di Portugal.

Di pemilu kali ini, partai sosialis memang mengalami lonjakan perolehan suara, yakni dari 28 persen di pemilu 2011 menjadi 32,3 persen di pemilu sekarang.

Blok Kiri juga mengalami lonjakan dari 5,2 persen di pemilu 2011 menjadi 10,2 persen di pemilu sekarang. Sedangkan CDU, yang merupakan koalisi dari Partai Komunis dan partai Ekologi, mengalami lonjakan dari 7,9 persen menjadi 8,3 persen.

Banyak analis yang mengklaim, kendati partai sosialis berhasil menggandeng Blok Kiri dan komunis ke dalam pemerintahan, tetapi mereka akan sulit akur. Sebab, Blok Kiri dan Komunis sangat keras menentang penghematan dan neoliberalisme, sementara sosialis bersikap moderat.

Raymond Samuel

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid