Kekerasan Warnai Protes Nasional Anti Privatisasi Pendidikan Di Chile

Hari kedua protes nasional menentang privatisasi pendidikan di Chile berakhir bentrok. Polisi menggunakan water canon dan gas air mata untuk membubarkan puluhan ribu mahasiswa dan asosiasi pengajar, Jumat (18/11).

Sementara sejumlah pemuda, umumnya mengenakan penutup muka, berusaha membalas serangan tersebut dengan lemparan batu dan kayu.  Belum ada data resmi mengenai jumlah demonstran yang tertangkap Polisi saat aksi siang tadi.

Sebelumnya, sedikitnya 15.000 mahasiswa, serikat pekerja, dan asosiasi guru berbaris secara damai menyusuri jalanan utama kota Santiago. Mereka menyerukan agar pemerintahan sayap kanan Sebastian Pinera segera mengadopsi pendidikan gratis untuk seluruh jenjang pendidikan di Chile.

Selain itu, bertepatan dengan agenda pembahasan anggaran 2012 di kongres, demonstran juga menuntut agar pemerintah menaikkan anggaran untuk pendidikan. Proposal ini juga didukung oleh sejumlah partai oposisi di parlemen.

Tuntutan lainnya adalah penolakan mahasiswa dan asosiasi guru terkait desentralisasi anggaran pendidikan. Mereka menuntut agar anggaran pendidikan tetap ditanggung-jawabi oleh pemerintah pusat.

Pada masa kediktatoran Pinochet, pendidikan sudah diarahkan kepada privatisasi dan tanggung jawab anggaran sekolah-sekolah umum diserahkan kepada pemerintah kota. Hal itu menyebabkan biaya pendidikan tidak merata di Chile.

Akibat warisan Pinochet, sistem pendidikan di Chile menjadi sangat timpang: orang-orang mampu bisa bersekolah dengan limpahan fasilitas di sekolah-sekolah swasta, sedangkan kaum miskin harus pasrah masuk sekolah berkualitas rendah dan berfasilitas buruk.

Kemarin, puluhan ribu mahasiswa, dosen, dan serikat pekerja juga berpartisipasi dalam protes nasional yang berpusat di Valparaiso, tempat kongres sedang membahas soal anggaran tahun 2012. Bentrokan juga terjadi dalam aksi kemarin, tapi tidak separah bentrokan siang tadi.

Perlawanan mahasiswa di Chile sudah memasuki bulan ke-7, sekaligus mencatatkan diri sebagai gerakan perlawanan paling panjang dan paling luas sejak berakhirnya rejim diktator Pinochet. Bahkan gerakan mahasiswa sekarang ini terbesar dalam 20 tahun terakhir di Chile.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut